Wawali Cak Ji Kunjungi Legenda Lundruk Cak Kartolo, Sumbang Rp 50 Juta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 07 Sep 2021 10:38 WIB

Wawali Cak Ji Kunjungi Legenda Lundruk Cak Kartolo, Sumbang Rp 50 Juta

i

Wawali menyerahkan bantuan pribadi sejumlah Rp 50.000.000 sebagai bentuk perhatiannya kepada seniman ludruk. SP/HUMAS PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI, Surabaya - Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengunjungi kediaman pribadi Seniman Ludruk Legendaris Surabaya Cak Kartolo.Kedatangan orang nomor dua di Kota Pahlawan itu untuk memotivasi seniman ludruk ini agar tetap eksis di tengah krisis akibat pandemi COVID-19. 

Wawali Armuji berharap  maestro ludruk itu bisa berkolaborasi dengan teknologi di era digitalisasi ini."Nanti Cak Kartolo bisa pakai YouTube, Instagram, atau media sosial lainnya biar generasi muda kita tahu ludruk," kata Armuji saat mengunjungi Cak Kartolo di kediamannya di Jalan Kupang Jaya 1, Surabaya, Senin, (06/9/2021).

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

Wawali Armuji menyampaikan hal ini karena Cak Kartolo dalam kondisi sulit secara ekonomi akibat pandemi, sehingga berniat menjual rumahnya.

Rumah Cak Kartolo yang dijual memiliki luas 440 meter persegi dan berada di Jalan Kupang Jaya 1. Rumah tersebut telah ditempati bersama keluarganya sejak 1984.

Cak Kartolo mengatakan sempat ada yang menawar rumahnya seharga Rp 6 miliar. Hanya saja, Cak Kartolo masih menunggu tawaran yang lebih tinggi lagi.

Sebenarnya, Cak Kartolo tidak mempermasalahkan harga yang ditawarkan asalkan dari hasil penjualan itu bisa cukup untuk membeli tanah dan dibangunkan rumah untuk anak dan lima cucunya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

Cak Kartolo merasa pemerintah tidak tinggal diam terhadap seniman tradisional yang terdampak ekonomi pandemi COVID-19. "Sebab saya juga terdata mendapatkan BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang sekali cair dapat Rp300 ribu itu," katanya.

Pada pertemuan itu, Armuji menjelaskan bahwa pandemi memang memberikan dampak yang luar biasa dalam berbagai aspek mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial dan kebudayaan.

"Di Balai Pemuda Surabaya pun sekarang belum bisa menggelar pertunjukan seni. Tentunya hal Ini yang memaksa kita memutar otak agar bisa beradaptasi dengan kondisi," kata Armuji.

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

Armuji juga menyampaikan apresiasi atas kiprah maestro ludruk Kota Surabaya tersebut. Ia juga menceritakan sebagai pecinta ludruk, pada saat kecil seringkali menyaksikan pertunjukan ludruk dari kampung ke kampung.

"Saya apresiasi atas kiprah Cak Kartolo yang telah memberikan warna terhadap dunia ludruk di kota Surabaya hingga ke Suriname," ujarnya.

Menutup pertemuan itu, Armuji juga menitipkan pesan agar Cak Kartolo mencetak generasi penerus seniman ludruk. Sebelum meninggalkan rumah Cak Kartolo, Armuji menyerahkan bantuan pribadi sejumlah Rp50 juta sebagai bentuk perhatiannya.sb3/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU