Vaksinolog: Masker Kain 3 Lapis tak Disarankan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 17 Jun 2021 22:18 WIB

Vaksinolog: Masker Kain 3 Lapis tak Disarankan

i

Masker kain 3 lapis yang masih banyak digunakan masyarakat umum.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Vaksinolog dan spesialis penyakit dalam dr. Dirga Sakti Rambe menyarankan, penggunaan masker kain tiga lapis saat ini tidak disarankan, kecuali bila kita melapisinya dengan masker bedah agar bisa lebih terlindung.

"Masker kain sudah tidak dianjurkan, lagipula masker bedah sudah banyak tersedia dan harganya terjangkau, gunakan hanya masker berkualitas," kata Dirga, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: Dokter Paru Mereaksi Jokowi Soal Endemi

Dirga mengatakan penggunaan masker sangat penting dalam mencegah penularan dalam protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Masker medis terbukti masih paling efektif jika digunakan dengan tepat.

Baca Juga: Awas Covid-19 Varian Kraken, Tingkat Penularannya Cepat

"Saya menyarankan untuk mengganti masker maksimal 6 jam, atau ganti segera setelah masker sudah basah atau kotor," katanya.

Hati-hati pula saat membuka masker di tempat umum, pastikan hanya membuka masker untuk alasan penting seperti makan dan minum, juga praktikkan cara yang benar.

Baca Juga: PPKM Dicabut, Dinkes Kabupaten Mojokerto Tetap Siagakan Ruang Isolasi

Lepas tali elastis dari telinga, jauhkan masker dari pakaian dan wajah untuk menghindari permukaan masker yang bisa saja terkontaminasi. Buang di tempat sampah, kemudian bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir atau cairan pembersih berbahan alkohol. n jk/erk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU