Usai Guru Divaksin, Pembelajaran Tatap Muka Dimulai

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 24 Feb 2021 21:06 WIB

Usai Guru Divaksin, Pembelajaran Tatap Muka Dimulai

i

Ilustrasi

 

Presiden Jokowi Minta Dimulai Juli 2021

Baca Juga: Apple akan Bangun Akademi Developer di Surabaya

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta -Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mendikbud Nadiem Makarim, bertekad usai vaksinasi Covid-19 pada guru rampung dilaksanakan, pembelajaran tatap muka akan dimulai.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan vaksinasi Covid-19 pada sekitar lima juta guru bisa selesai Juni 2021. Sementara Presiden Jokowi ingin sekolah tatap muka sudah bisa dimulai Juli 2021.

"Kalau kita bisa menyelesaikan vaksinasi ini sampai dengan akhir bulan Juni, maka tahun ajaran berikutnya, pada Juli, bisa melakukan pembelajaran tatap muka," kata Nadiem, pada acara peluncuran program vaksinasi guru di SMAN 70 Jakarta, Rabu (24/2/2021).

 

Sudah Lama anak Gak Sekolah

“Esensi dari kebijakan ini, dan kenapa tenaga pendidik itu menjadi salah satu yang prioritas adalah, sudah cukup lama anak-anak kita tidak sekolah tatap muka," katanya.

Ia menekankan pembelajaran tatap muka di sekolah harus dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan selama penularan Covid-19 belum terkendali.

Nadiem, mengatakan pemerintah berusaha melakukan tindakan cepat supaya pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan lagi. Pasalnya, pembelajaran dari jarak jauh dalam jangka panjang bisa mempengaruhi perkembangan anak.

Baca Juga: Mengapa Gibran dan Bapaknya Diusik Terus

"Kita mengambil tindakan yang cepat dan gesit untuk bisa melaksanakan lagi sekolah tatap muka," katanya.

 

Target Lima Juta Guru

Pada peluncuran program vaksinasi Covid-19 pada tenaga kependidikan di SMAN 70 Jakarta, ada 650 guru, dosen, tenaga kependidikan, hingga pegiat pendidikan yang menjalani vaksinasi.

Vaksinasi pada tenaga kependidikan juga dilaksanakan di daerah-daerah yang lain di bawah koordinasi dinas terkait.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan vaksinasi Covid-19 pada sekitar lima juta guru bisa selesai Juni 2021.

Baca Juga: Kesimpulan Paslon 01 dan 03: Sumber Masalahnya, Gibran dan Cawe-cawenya Jokowi

Dia menargetkan setidaknya lima juta guru sudah mendapatkan vaksinasi hingga akhir Juni mendatang, di mana ketentuan distribusi vaksin tersebut mengikuti pola dan distribusi pemerintah pusat yang dikoordinasikan oleh Kementerian Kesehatan.

Sementara jumlah keseluruhan guru dan tenaga pendidik di Indonesia-baik swasta maupun negeri-sebanyak 5,5 juta orang.

Presiden Jokowi sendiri ingin sekolah tatap muka dimulai pada Juli 2021, usai vaksinasi terhadap guru dan dosen rampung.

"Tenaga pendidik dan kependidikan, guru, kita berikan prioritas agar nanti di awal semester ke-2 pendidikan tatap muka bisa kita mulai lakukan," kata Jokowi dalam siaran langsung yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Sehingga bulan Juli saat mulai ajaran baru semuanya bisa berjalan normal kembali," ujarnya. n erc/cr2/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU