Ubaya dan Kominfo Fasilitasi Pelatihan DTS 2021

Salah seorang mahasiswa sedang membuka website program FGA. SP/ Lady Yuvinda

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Universitas Surabaya (UBAYA) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO) lengkapi kompetensi lulusan mahasiswa bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) lewat pelatihan Digital Talent Scholarship 2021 (DTS) program Fresh Graduate Academy (FGA). Ada tiga tema pelatihan yang akan diberikan UBAYA yaitu JAVA (Java Foundations dan Java Programming), Database Design dan Programming with SQL, serta Artificial Intelligence.

Program FGA merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bidang TIK yang bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi Industri 4.0. Pelatihan ini terbuka untuk umum dan bisa diikuti oleh peserta disabilitas dengan mengikuti syarat serta ketentuan yang berlaku.

Dekan Fakultas Teknik UBAYA, Ir. Eric Wibisono, Ph.D. mengatakan jika pelatihan ini merupakan tahun ketiga Program Studi (Prodi) Teknik Informatika UBAYA bekerjasama dengan KOMINFO. Hal tersebut menunjukkan bahwa Prodi Teknik Informatika UBAYA mendapat kepercayaan dari KOMINFO dan sudah semakin berpengalaman dalam mengelola modul-modul yang ditawarkan.

“Lebih khusus lagi, tahun ini kami juga menggandeng salah satu raksasa teknologi dunia yaitu Huawei, dalam salah satu modul yaitu Artificial Intelligence. Kolaborasi seperti ini adalah bukti bahwa Prodi Teknik Informatika UBAYA diakui secara internasional,” ujar Eric Wibisono, Senin (21/6/2021).

Pelatihan DTS 2021 program FGA memberikan kesempatan yang luas bagi mahasiswa semester akhir atau para lulusan D3/D4/S1 semua jurusan di seluruh Indonesia yang ingin merasakan suasana belajar bersama dosen atau praktisi UBAYA yang ahli di bidang TIK secara gratis. Selain mendapat wawasan dan kemampuan baru, peserta program FGA yang berhasil mengikuti pelatihan hingga selesai akan memperoleh sertifikat completion dan pasca pelatihan berupa soft skills development.

Terselenggaranya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kemampuan siap pakai bagi lulusan D3/D4/S1 untuk mengurangi angka pengangguran dan mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang TIK. UBAYA sebagai salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) ternama di Indonesia ikut ambil bagian bersama KOMINFO menyiapkan SDM unggul, berdaya saing dan profesional dalam mewujudkan generasi emas untuk Indonesia maju. La