Totok Lusida Bersaing dengan Khofifah, Raih IKA Unair

Totok Lusida dan Khofifah Indar Parawansa

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya- Totok Lusida, tokoh pengusaha Surabaya yang kini menjabat Ketua Umum REI bersaing ketat dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Keduanya kini kampanye tertutup dan terbuka dalam Kongres X IKA UA yang akan berlangsung pada 3 Juli 2021 mendatang.

Khofifah adalah alumnus FISIP angkatan '84 jurusan ilmu politik. Khofifah, Alumnus FISIP Unair pertama yang menjadi Gubernur Jatim dan sudah menyatakan kesediaan sebagai Calon Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Airlangga (PP IKA UA). Kesediaan itu tertuang dalam surat pernyataan tertanggal 14 Juni 2021. Khofifah sudah menyatakan kesediaan sebagai Calon Ketua Umum PP IKA UA Masa Bakti 2021-2025.

Totok Lusida juga Alumnus Farmasi '84. Menyusul Dimas Oki Nugroho, Alumnus FISIP '96 dan Mohammad Adib Khumaidi, Alumnus FK '92 serta Abdul Kadir Jailani, Alumnus FH '92 yang saat ini menjadi Direktur Jenderal Asia, Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI.

Totok Lusida, maju dengan menyiapkan program digitalisasi berupa layanan aplikasi mobile untuk memperkuat data dan jejaring khusus bagi alumni Universitas Airlangga Surabaya.

"Aplikasi sebagai database untuk keterikatan antaralumnus sehingga bisa bermanfaat, khususnya data maupun jejaring," ujarnya saat deklarasi calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) periode 2021-2025 di Surabaya, Minggu lalu.

 

Rumah Murah untuk Alumni

Totok Lusida yang dikenal sebagai pengusaha sukses Surabaya yang merakyat juga memikirkan program rumah murah bagi alumni Universitas Airlangga. Terutama bagi alumni yang belum memiliki tempat tinggal tetap.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Totok Lusida sebagai ketua umum IKA UA Winaryo mengklaim telah mengantongi dukungan hampir 50 persen dari suara yang diperlukan.

"Sudah hampir 50 persen pemilik suara sepakat ke Cak TL (panggilan Totok Lusida), sedangkan total ada 118 suara yang berhak memilih saat kongres nanti," katanya.

Pria yang juga dokter gigi tersebut menegaskan timnya telah mendaftarkan Totok Lusida sebagai calon ketua umum pada Jumat (11/6) ke panitia pemilihan.

 

Derajat IKA bisa Melesat

Dukungan untuk Khofifah justru datang dari IKA UA Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketua IKA UA DIY Emma Zola dengan gamblang mendukung Gubernur Jawa Timur sebagai Ketua Umum IKA UA. Emma meyakini pengalaman kepemimpinan Khofifah merupakan prospek yang dimiliki IKA UA.

Dia memprediksi, derajat organisasi IKA UA akan terus melesat jika di bawah kepemimpinan tokoh perempuan Nahdlatul Ulama (NU) itu.

"Ada sosok yang patut kita dukung dan perjuangkan untuk jabatan ketua umum IKA Universitas Airlangga, yaitu Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si.," demikian kata Emma.

Emma kemudian menjelaskan dasar usulan mengajukan Khofifah. Menurutnya, Khofifah adalah perempuan dengan banyak pengalaman, sehingga dia menilai kapasitas untuk memajukan dan mewujudkan visi misi IKA UA tidak perlu diragukan lagi. n rl/cr3/rmc