Topang Ketahanan Pangan, AH Thony Ajak Warga Jemursari Tingkatkan Kemampuan Berkebun

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya AH.Thoni bersama Lurah Jemursari Duwi Anggara Sukama saat meninjau produksi Pot warga Jemursari, Rabu (23/6). SP/Alqomar

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya AH. Thony mengapresiasi langkah Warga Jemursari yang sudah mempunya menciptakan produk-produk yang dapat dimanfaatkan oleh warganya sendiri.

Dimana di Jemursari ini warganya sudah mampu menjadi petani kota yang hebat. Para warga dapat memanfaat lahan fasum yang tidur bisa menjadi lahan yang produktif. Mulai ditanam sendiri, dari produksi penanaman sayuran hingga pemanfaatan bosem untuk beternak ikan.

Selain itu AH Thony mengajak masyarakat untuk meningkat kemampuan untuk berkebun guna menopang ketahanan  Pangan. “Sekarang kita mendorong masyarakat di perkampungan untuk meningkatkan keahlian tanamnya,” katanya.

Keterbatasan lahan masih menjadi persoalan di perkampungan, Thony mengatakan dengan metode penanaman dengan menggunakan Pot sebagai alternatif warga. Sisi lain masyarakat sudah teredukasi petani kota yang baik. Cocok tanam ini bukan hanya sekedar sayur mayur. Untuk membuat kerajinan membuat pot  didorong oleh Pak Lurah untuk memproduksi ini secara masal.

“Dari jemulah ini akan didorong dan didistribusikan dan dipasarkan. Dan sekarang banyak masyarakat yang mulai mengambil atau membeli hasil produk pot dari warga Jemursari ini. Yang digunakan media tanam di kampung – kampung ,” katanya.

Menurut Thony untuk terbentuknya ekonomi yang sistemik dibutuhkan kesadaran warga untuk bergotong royong untuk membeli atau menghargai produk warga masyarakat sekitar sehingga saling memberi manfaat dan keterkaitan antara satu dengan yang lain. Alq