Timnas Austria Koleksi 6 Poin dan Maju Runner Up Grup C

Pemain Austria merayakan gol yang bersarang ke gawang Ukraina dalam laga terakhir Grup C Euro 2020. SP/ AP Photo

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Timnas Austria berhasil lolos di babak 16 besar EURO 2020 dan menjadi runner up Grup C dengan koleksi enam poin. Mereka juga mengukir sejarah baru, karena ini pertama kalinya Timnas Austria lolos ke babak 16 besar EURO 2020, Selasa (22/6/2021).

Keberhasilan Austria lolos setelah kalahkan Ukraina dengan skor tipis 1-0 di National Arena Bucharest. Satu kemenangan lainnya diraih Austria ketika menghadapi Makedonia Utara. Skuad asuhan Franco Foda unggul dengan skor 3-1.

Di pertandingan kedua Grup C EURO 2020, Austria dikalahkan Belanda dengan skor 0-2. Tapi mereka bisa bangkit dengan merebut kemenangan atas Ukraina.

Apalagi mereka sempat dibuat was-was dengan adanya hukuman dari UEFA kepada Arnautovic. Striker andalan Austria itu dilarang main saat melawan Belanda buntut dari selebrasi kontroversial.

EURO 2020 ini adalah edisi ketiga yang diikuti oleh Austria. Pertama kali mereka ikut berkompetisi di ajang empat tahunan ini pada 2008 ketika menjadi tuan rumah.

Kemenangan mereka atas Ukraina juga tak lepas dari kolaborasi apik dari David Alaba dan Christoph Baumgartner. Gol pemasti tripoin pasukan arahan Franco Foda dicetak oleh Christoph Baumgartner (menit ke-21).

David Alaba cs pun mencetak histori. Sepanjang sejarah, baru kali ini Austria sukses melangkah ke fase gugur Euro atau Piala Eropa. Jika cakupan diperluas dengan turut menghitung ajang Piala Dunia, maka ini adalah kali pertama sejak 1982 di mana Austria berhasil melaju ke fase knock-out turnamen besar.

Disisi lain, Ukraina bukannya kurang berusaha. Anak asuh Andriy Shevchenko lumayan sering menekan, hanya saja upaya mereka kerap mentah lantaran operan yang kurang tajam di sepertiga akhir wilayah permainan musuh. 

Dengan hasil kemenangan ini, Austria akan melawan Italia dalam babak 16 besar Piala Eropa 2020 pada Minggu (27/6/2021) pukul 02.00 WIB. Dsy10