Tiga Nama Peringkat Teratas Ini, Selangkah Lagi Dilantik Jadi Kadis

Tiga pejabat ini punya kans besar untuk dilantik dan menempati pos sebagai kepala dinas/badan di lingkungan Pemkab Lamongan. SP/IST

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Tiga nama pejabat eselon III yang mengikuti seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi Pratama Pemkab Lamongan, akan dipromosikan ke eselon II dan segera dilantik sebagai kepala dinas/badan, setelah panitia proses seleksi jabatan resmi mengumumkannya.

Ketiga nama yang posisi nya nangkring di urutan teratas dari tiga dinas/badan yang dilelang jabatannya adalah, Drs EC. Jupri, MM (Sekretaris Dinas PU SDA), Siti Rubikah SE, Msi ( Kabag Perekonomian Setda), dan Drs Dianto Hari Wibowo, Mip (Kabag Pemerintahan).

Ketiga nama itu kini menempati urutan teratas dari 3 lelang jabatan yang diikutinya, dan ketiga nama ini dari awal sudah dikabarkan bakal dengan mudah menyingkirkan rivalnya karena ketiganya ini dikenal dekat dengan bupati saat ini Yuhronur Efendi.

Sehingga tidak heran, ketiganya kini hanya tinggal menunggu waktu beberapa hari kedepan untuk pelantikan, karena prasyarat untuk menjabat sebagai eselon II di OPD sudah mereka kantongi, salah satunya tiket hasil tes dan seleksi jabatan yang baru saja diumumkan.

 "Iya memang ketiga nama itu dari masing-masing jabatan yang di lelang di tiga OPD rangkingnya teratas," kata Bambang Hadjar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Daerah (BKPSDM) Kabupaten Lamongan kepada surabayapagi.com, Jum'at (17/9/2021).

Seperti dalam surat pengumuman Nomor:ss /PANSEL-JPT/IX/2021 kata Bambang panggilan akrab kepala BKPSDM ini, hasil tiga peringkat terbaik seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi Pratama Kabupaten Lamongan, untuk masing-masing jabatan.

Untuk jabatan kepala dinas PU Sumber Daya Air (SDA) kata Bambang, urutan pertama ditempati oleh Drs EC. Jupri, MM, kedua Joko Raharto, SSTP, MAP, dan ketiga Bakti Aprianto, SH MM.

Selanjutnya untuk jabatan kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, urutan pertama di tempati oleh Drs Dianto Hari Wibowo, Mip, disusul pada urutan kedua ditempati oleh Hari Agus Santa, S Sos, MM, dan urutan ketiga ditempati Johny Indrianto, Sstp Msi.

Sedangkan untuk dinas Pariwisata dan Kebudayaan tambah Bambang, urutan teratas ditempati oleh Siti Rubikah SE, Msi, disusul di urutan kedua ada nama Nurhayati As'adah SE.Msi., dan di posisi ketiga bertengger nama Mulyono Arif SH, Msi.

"Nama-nama tiga besar itu semua sudah melalui proses serta penilaian dari tim seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama, setelah yang daftar sebelumnya dilakukan ujian dan paparan program," terang Bambang menambahkan.

Dan tiga nama masing-masing pos OPD itu sudah resmi dan ditandatangani oleh Sekda Lamongan Moh Nalikan, tertanggal 16 September 2021. Keputusan Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Lamongan ini tidak dapat diganggu-gugat. "Jadi keputusan ini tidak bisa diganggu-gugat," tegasnya.

Selanjutnya kata Bambang, tiga nama masing-masing di tiga OPD itu diserahkan ke bupati, untuk selanjutnya dipilih masing-masing satu orang dan ditetapkan menjadi kepala dinas/badan melalui pelantikan. "Terkait siapa yang akan dipilih oleh pak bupati itu hak prerogatif bupati, yang jelas hasil seleksi dan rangking pejabat menjadi pertimbangan kuat," jelasnya.

Sekedar diketahui, dalam seleksi jabatan pimpinan pratama di Lamongan ada 13 pejabat eselon III yang mengikuti seleksi lelang jabatan untuk tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari tiga pos jabatan yang akan diisi pejabat definitif itu, akhirnya terpilih 3 pejabat yang dirangking sesuai nomor urut dari hasil seleksi. Berarti ada 4 orang pejabat yang tidak masuk dalam nominasi atau tereliminasi. jir