Terjadi Lonjakan Penjualan Tiket KA 43 Persen Selama Libur Paskah

Penumpang antre untuk memasuki area peron di memasuki Stasiun Pasar Senen, Jakarta. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Selama libur panjang akhir pekan Hari Raya Paskah pada 1-4 April 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengalami lonjakan penjualan tiket KA Jarak Jauh sebesar 43 persen. Selama periode tersebut, perseroan telah memberangkatkan sebanyak 191.299 pelanggan KA Jarak Jauh.

"Jumlah tersebut meningkat 43 persen dibandingkan periode yang sama pada pekan lalu yaitu periode 25–28 Maret 2021, yaitu sebanyak 133.798 pelanggan," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, Senin (5/4/2021).

Selain itu Joni mengungkapkan bahwa pada periode 1-4 April 2021 tersebut, rute yang menjadi favorit pelanggan adalah rute Jakarta-Yogyakarta PP, Jakarta-Semarang PP, dan Jakarta-Bandung PP.

Joni juga menegaskan bahwa KAI tetap membatasi jumlah tiket yang dijual yaitu hanya maksimal 70 persen dari jumlah kapasitas tempat duduk yang tersedia. "KAI menengaskan seluruh pelanggan telah mematuhi seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah selama berada di stasiun dan dalam perjalanan kereta api," tegasnya.

Sementara itu terkait dengan penjualan tiket selama lebaran, sejauh ini, KAI baru melayani pemesanan tiket KA Jarak Jauh sampai dengan 30 April 2021.

Joni mengaku masih menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah terkait pengaturan moda transportasi kereta api pada masa Lebaran dari Kementerian Perhubungan.

"Untuk keberangkatan Mei, KAI masih menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah terkait pengaturan moda transportasi kereta api pada masa lebaran dari Kementerian Perhubungan," tutupnya. Dsy17