Target Capaian Vaksinasi di Bondowoso Masih 5 %

Salah seorang warga saat divaksin covid-19.

SURABAYAPAGI.COM, Bondowoso - Vaksinasi terus digencarkan di Jatim agar pada Agustus nanti target herd immunity tercapai. Kendati demikian, masih banyak wilayah di jatim yang target vaksinasi masih rendah.

Salah satunya kabupaten bondowoso. Capaian target cakupan vaksinasi di kabupaten Bondowoso relatif masih rendah. Capaiannya hanya sekitar 5 persen dari total target sasaran.

Data dihimpun dari Satgas COVID-19 Bondowoso per tanggal 27 Juli 2021, ada total target sasaran sebanyak 613.660. Dari target itu, sebanyak 72.244 atau 12% telah divaksin dosis 1. Sedangkan dosis 2 sebanyak 33.083 (5%).

Target sasaran sejumlah tersebut terdiri dari beberapa unsur. Yakni tenaga kesehatan, pelayanan publik, remaja, lanjut usia, masyarakat umum, maupun unsur lainnya.

Satgas COVID-19 Bondowoso menyebut, ada beberapa faktor yang mempengaruhi capaian tersebut. Diantaranya faktor geografis, stok vaksin yang kadang terlambat, maupun masih banyaknya warga yang menolak vaksin.

"Untuk daerah terpencil, terutama untuk lansia memang perlu penanganan ekstra petugas," jelas Jubir Satgas COVID-19 Bondowoso, dr Mohamad Imron, Kamis (29/7/2021).

Untuk daerah yang secara geografis relatif susah, Satgas dibantu aparat TNI/Polri melakukan upaya jemput bola. Yakni mendatangi lokasi, door to door hingga menjemput ke rumahnya.

Untuk masyarakat yang masih menolak vaksin, kami terus lakukan sosialisasi dan edukasi tentang betapa pentingnya vaksin,” pungkas Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso ini.