Sukses Kendalikan Pandemi Covid-19, Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Puji Kepemimpinan Khofifah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Des 2021 20:45 WIB

Sukses Kendalikan Pandemi Covid-19, Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Puji Kepemimpinan Khofifah

i

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tuai pujian dari Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Mr Owen Jenkins karena keberhasilannya menangani pandemi Covid 19 di Jatim

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya -  Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Mr Owen Jenkins memuji kepemimpinan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang dinilainya berhasil mengatasi pandemi Covid-19 di provinsi terluas di Pulau Jawa tersebut.

Pujian tersebut diutarakan Owen saat menemui Khofifah di Gedung Negara Grahadi dalam lawatannya ke Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (1/12) malam.

Baca Juga: Hanya 130 Juta, UPT Keramik di Malang Perlu Dukungan Pemprov Jatim

Owen bahkan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras yang ditunjukkan Khofifah dalam mengerem angka penularan dan kematian akibat Covid-19.

"Kepemimpinan Ibu Gubernur dalam mengatasi Covid-19 di Jawa Timur sangat luar biasa. Dari yang sebelumnya Jawa Timur berkategori risiko tinggi menjadi wilayah dengan risiko rendah dalam waktu yang cukup singkat," kata Owen.

Dalam kesempatan tersebut, Owen juga menyampaikan keinginannya untuk semakin memperkuat kerjasama antara Inggris dan Jawa Timur dalam berbagai bidang. Diantaranya transportasi, ekonomi kreatif, dan energi baru terbarukan.

"Kami siap mendukung rencana Ibu Gubernur untuk mewujudkan konektivitas Jawa Timur melalui pembangunan sarana perkeretaapian. Termasuk juga pengembangan kawasan ekonomi khusus di Malang terkait ekonomi kreatif," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan terimakasih kepada Duta Besar Inggris yang telah mengapresiasi pencapaian Jawa Timur dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi dan Masyarakat Terlindungi

Khofifah mengatakan, bahwa semakin melandainya situasi Covid-19 di Jawa Timur merupakan hasil kerja keras seluruh pihak. Mulai dari dokter, perawat, tenaga kesehatan, TNI/Polri, Ormas, tokoh agama, dan masyarakat umum.

"Tanpa kerjasama dan kerja keras semua, saya yakin angka Covid di Jatim tidak akan secepat ini bisa melandai," tutur Khofifah.

Terkait potensi kerjasama dibidang energi baru terbarukan, Khofifah menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di daerah kepulauan Jawa Timur.

Baca Juga: Pemprov Jatim Siap Bantu Rekonstruksi Bangunan Terdampak Gempa

Menurut Khofifah, melimpahnya cahaya matahari di Indonesia membuat panel surya menjadi salah satu solusi terbaik guna mendongkrak rasio elektrifikasi di wilayah-wilayah kepulauan Jawa Timur.

"Di wilayah-wilayah terpencil kepulauan jika harus "narik kabel" bawah laut atau pemasangan jalur tentu sangat mahal. Pun begitu dengan genset karena memerlukan bahan bakar. Karenanya yang paling solutif adalah penggunaan panel surya," imbuhnya,

Jika elektrifikasi ini menggunakan panel surya ini terwujud, Khofifah optimistis kesejahteraan masyarakat Jatim di Wilayah Kepulauan juga akan ikut terdongkrak. (arf/**)

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU