Sukses Bisnis Keripik Ceker Ayam Beromzet Puluhan Juta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 01 Agu 2021 12:20 WIB

Sukses Bisnis Keripik Ceker Ayam Beromzet Puluhan Juta

i

Salah satu varian jajanan keripik ceker anyam. SP/ TRG

SURABAYAPAGI.com, Trenggalek - Ahmad Yusak yang merupakan pengusaha jajanan keripik ceker ayam berhasil memiliki omzet hingga puluhan juta setiap bulan. Bermula ketika dirinya pulang dari Jakarta dan bingung mencari pekerjaan. Sehingga dengan keterampilan akan membuat keripik dari ceker ayam, dirinya ingin membuka usaha tersebut di Trenggalek. Sebab, sejauh ini belum ditemukan jajanan tersebut di Trenggalek.

Selain itu proses pembuatan pun sedikit rumit pada proses pemisahan, terbilang proses yang paling rumit karena harus dilakukan dengan berhati-hati agar daging tidak banyak yang terbuang.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Pertama mencuci ceker ayam tersebut, setelah itu dilanjutkan dengan merebusnya sekitar 15 menit selanjutnya dipisahkan antara daging ceker dengan tulang. Baru setelah itu dijemur sekitar satu hari yang dilanjutkan proses pengovenan dan terakhir digoreng. Setelah keripik ceker ayam dingin, barulah proses pengemasan yang selanjutnya dijual.

Baca Juga: Lia Istifhama: War Takjil Menjadi Momen Tepat Support UMKM

Sedangkan untuk proses penjualan, Yusak menitipkan ke toko-toko hingga warung makan kecil. Sehingga saat itu dirinya harus mengeluarkan modal dua hingga empat kali lipat karena barang yang dititipkan tidak langsung menghasilkan uang. Namun, dirinya harus tetap produksi untuk stok esok harinya.

Kini keripik ceker ayam buatannya sangat diminati, khususnya sebagai tambahan lauk karena rasanya yang gurih. Sehingga banyak toko maupun warung makan yang dulunya hanya dititipi, sekarang malah langsung membelinya karena pelanggan mereka banyak yang suka. "Daripada toko swalayan atau pusat oleh-oleh saya lebih memilih mengambil segmen pasar warung makan atau kafe karena lebih cepat habis," imbuhnya.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

Selain itu, dirinya juga mengembangkan jajanan olahan ayam lainnya seperti keripik usus dan kulit ayam. Hasil produksinya bisa dijual di beberapa kota seperti Kediri, Tulungagung, dan sebagainya dengan omzet minimal Rp 20 juta setiap bulan. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU