Sukses Berbisnis Ikan Cupang Alam Beromzet Jutaan

Dirga yang tengah memberi makan ikan cupang budidayanya. SP/ TRG

SURABAYAPAGI.com, Trenggalek - Dirga Akbar Pamukas yang setahun terakhir ini melakukan budi daya ikan cupang sebagai penyalur hobi di rumah selama pandemi Covid-19. Tak disangka menjadi ladang bisnis dan kini tiap bulan dirinya mendapatkan penghasilan Rp 1-5 juta.

Karena permintaan yang tinggi, kini harga ikan cupang berkualitas baik bisa berkisar mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Kini setiap penghobi ikan cupang harus merogoh kocek lebih besar untuk memiliki jenis ikan cupang pilihan. Dengan kondisi tersebut, ada sebagian penghobi cupang yang memilih membudidayakannya karena dinilai sangat menjanjikan.

Menurut Dirga, dirinya dulu tidak ada niatan dirinya untuk membudi daya cupang tersebut sebagai bisnis. Sebab, asal mula dirinya hanya ingin memelihara ikan tersebut sebagai hobi semata. Sebab sejak dahulu memang hobi memelihara hewan.

Dipilih ikan cupang karena ikan tersebut memiliki keistimewaan sendiri, salah satunya bisa tetap hidup kendati di lokasi dengan kandungan oksigen minim. Proses pemeliharaannya pun relatif mudah karena tidak membutuhkan perlengkapan yang bermacam-macam, seperti aerator. "Untuk jenisnya saya memilih memelihara ikan cupang alam," katanya.

Alasannya, ikan cupang alam memiliki warna yang lebih mengilap dan menarik daripada ikan cupang jenis lainnya. Namun ternyata saat itu ikan cupang alam tersebut belum banyak dipelihara. Untuk mendapatkannya, dirinya harus purchase order (PO) dari Thailand.

Dengan kondisi tersebut, pastinya saat ini harganya cenderung mahal. Bahkan untuk membeli indukan ikan cupang alam tersebut, dirinya harus merogoh kocek sekitar Rp 2,5 juta, bahkan lebih. Itu pun untuk ikan cupang usia remaja, bukan usia induk. Sebab jika sudah usia induk harganya bisa sampai Rp 1 juta per ekor.

Sedangkan untuk proses penjualan, saat ini kebanyakan melalui sistem online ke penggemar cupang dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan sebagainya. Untuk harga bervariatif, tergantung warna dan ukuran cupang. Namun, saat ini harga ikan tersebut paling murah adalah Rp 100 ribu per ekor.

"Sudah banyak yang memelihara sehingga harganya sedikit turun ketimbang pertama saya beli. Kendati demikian, itu bukan menjadi persoalan. Sebab kendati harga turun, saya tetap untung," jelasnya. Dsy14