Isu Reshuffle

Suhu Guntur: Rabu Pon, Agar Jokowi Lancar Penuh Berkah

Suhu Guntur

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kenapa Presiden Jokowi selalu melakukan kenegaraan termasuk reshuffle kabinet tiap hari Rabu?. Kepercayaan Presiden Jokowi ini karena mengikuti adat kejawen. Adat ini masih sangat kuat untuk dijadikan pedoman hidup Jokowi.  

“Perhitungan Saka Jawa primbon. Presiden Jokowi Angka Naas 7 . Rabu lusa jatuh Rabu Pon.

Jokowi sudah 3 kali lakukan setiap Rabu. Ini ada makna Rabu pon dalam primbon Jawa,” ujar Suhu Guntur, yang dihubungi Minggu (20/12/2020) siang kemarin.

Jokowi lahir, 21 Juni 1961, hari Rabu Pon, bulan Suro. Suhu mengatakan, Rabu artinya kebijaksanaan, dan Pon, kewibawaan atau kesatriaan.

“Ambil Rabu Pon, harapannya setiap keputusan lancar penuh berkah,” Suhu menambahkan.

Dan menurut Suhu, Presiden Jokowi pantang Hari Senin yang dianggap Tirakat. Saat ini, kata Suhu Guntur, dikuatirkan sikon negara banyak demo. Bisa juga ditunda tahun depan, karena takut diumumkan tambah kacau.

“Sepenglihatan saya, Jokowi sudah menunda 2 - 3 bulan yang lalu. Saat itu Jokowi sudah marah-marah ancam reshuffle, tapi gak jadi,” jelasnya.

 

Bisa Dilengserkan

Perhitungannya kalau tidak segera reshuffle justru membahayakan posisi Jokowi. Ia bisa dilengserkan. Ini sudah ada tanda-tanda kearah pengleseran.

“Maksud saya sudah seharusnya reshuffle dilaksanakan segera dan tidak bisa ditunda. Namun sikon yang dikuatirkan terjadi pergolakan ada.

“Saat ini Jokowi sudah tau dia dikhianati oleh sebagian anggota kabinetnya. Makanya ada teriak akan segera melakukan reshuffle,” kata Suhu.

Suhu meneropong, Menteri BUMN Erick Tohir, diduga mengkianati Jokowi. “Negara saat ini dlm posisi ruwet,” tambahnya.

Kenapa Suhu menyoroti Erick Tohir. Karena dia justru memposisikan pihak tak loyal Jokowi. di BUMN pada posisi penting. “Saya yakin Jokowi membaca hal itu,” pungkasnya. rmc