SMP Negeri 3 Sumenep Terapkan Metode Unggulan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Sep 2021 15:31 WIB

SMP Negeri 3 Sumenep Terapkan Metode Unggulan

i

Foto ; Syaiful Rijal Alinata, S.Pd, Kepala Sekolah SMPN 3 Kab. Sumenep (ft. Ainur Rahman/ SP)

SURABAYA PAGI, Sumenep - Kepala sekolah SMPN 3 Sumenep, Syaiful Rijal Alinata S.Pd, mengaku akan terus melakukan inovatif dalam mengembangkan lembaga pendidikan di Kabupaten Sumenep.

Sebagai langkah dan upaya yang dikerjakan adalah  dengan memberikan pelayanan terbaik bagi siswa, “Khususnya sarana dan prasarana belajar di dalam kelas maupun diluar kelas,” katanya, Kamis 16 September 2021.

Baca Juga: Pelapor Tanah Kas Desa di Sumenep, Janji Ungkap Kasus Lebih Besar dengan Pelaku Sama

Menurutnya, banyaknya lembaga pendidikan di Kabupaten Sumenep, otomatis semakin berkurangnya jumlah siswa setiap tahunnya, namun itu tidak menjadi masalah. Sebab, baginya banyaknya siswa bukan menjadi ukuran sekolah berkualitas.

"Langkah yang terpenting dilakukan adalah memberikan pelayanan terbaik, dan meraih kepercayaan masyarakat sekitar terhadap lembaga pendidikan" jelasnya.

Kata dia, SMPN 3  ada program unggulan yang tidak ada di lembaga lain, yakni Smart School program belajar digital dalam kelas, dan Boarding School bagi siswa yang berprestasi di asramakan. 

"Kedua program tersebut sudah bisa dijalankan tinggal menunggu kesiapan pemerintah daerah, dan saya sudah lakukan koordinasi, tinggal menunggu hasilnya" jelasnya.

Baca Juga: Pemkab Sumenep Gelar Festival Led Lebaran Hari Ketupat 2024 di Pantai Lombang Sumenep

Jadi sambungnya, Ia yakin nantinya jika program Smart School ini akan menjadi percontohan bagi lembaga lain khususnya di Kabupaten Sumenep. “Sebab selama ini belum ada semacam kelas digital di Kabupaten Sumenep, baru di SMPN 3 yang akan memulainya,” akunya.

"Makanya kita harus sejalan dengan dinas pendidikan dan pemerintah daerah, sebab kegiatan smart school itu membutuhkan dana operasional yang cukup besar, dan tidak mungkin cukup jika hanya dari  Dana BOS,” kilahnya.

Sementara Boarding School, untuk tahun ini khususnya kelas VII, sudah ada 20 siswa dengan bermacam prestasi dan keunggulan dalam mata pelajaran.

Baca Juga: Pertengahan Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Mulai Berangsur Landai

"Kita akan terus melakukan pembinaan terhadap siswa berprestasi, selain itu juga ada yang memiliki kemampuan ekstrakurikuler seperti Bela diri, kita bina bakat mereka,” ungkapnya.

Selain itu sambungnya, pihaknya akan  terus optimis untuk menjalankan program unggulan tersebut. Utamanya meraih kepercayaan masyarakat sekitar terhadap SMPN 3 Kabupaten Sumenep,” pungkasnya. (AR)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU