Serikat Pekerja Pelabuhan Dukung Penuh Integrasi Pelindo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 28 Jun 2021 12:25 WIB

Serikat Pekerja Pelabuhan Dukung Penuh Integrasi Pelindo

i

Serikat pekerja pelabuhan Indonesia mendukung integrasi Pelindo. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya - Federasi Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia (FSPI) mendukung proses integrasi BUMN yang melibatkan PT Pelindo I, II, III dan IV. 

Integrasi yang diwacanakan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir tersebut rencananya akan terealisasi pada September 2021.

Baca Juga: Erick Diingatkan Koboi-koboi Baru Bermunculan di BUMN

Bila integrasi atau merger tersebut dilakukan, maka tidak ada lagi istilah Pelindo I, II, III atau IV. Yang ada adalah satu perusahaan bernama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Sinergi.

"Serikat pekerja akan berada di garda terdepan mengawal proses integrasi ini sampai selesai, ini tidak mudah namun harus berhasil," kata Sekretaris Jendral FSPPI Dodi Nurdiana kepada Surabaya Pagi, Senin (28/06/2021).

Lebih lanjut Dodi menjelaskan, dengan adanya integrasi tersebut akan mempermudah pengawasan khususnya berkaitan dengan praktek pungutan liar yang akhir-akhir ini diperbincangkan masyarakat.

Baca Juga: Erick Thohir, Apa Lemah Nasionalismenya, Terus "Belanja" Pemain Naturalisasi

Tak hanya itu, serikat pekerja juga menyatakan siap bila dilibatkan dalam seluruh proses pembahasan persiapan integrasi Pelindo. Karena bagi serikat pekerja, perseroan merupakan wadah bagi pegawai untuk menunjukkan aktualisasi diri. 

"Kami akan menjadi yang terdepan mendukung pemberantasan pungli untuk mewujudkan pelabuhan yang bersih," katanya

Terkait dukungan serikat pekerja, sebelumnya Ketua Tim Sinergi dan Integrasi BUMN dalam Layanan Pelabuhan Arif Suhartono menyampaikan, dukung dari serikat pekerja, menunjukkan adanya keselarasan dan kesepahaman antara jajaran manajemen dan pekerja dalam lingkungan pelabuhan. 

Baca Juga: Pegawai BUMN akan Libur 3 Hari Sepekan

Sinergi dan integrasi Pelindo menjadi bentuk nyata untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa kepelabuhanan. Peningkatan yang dimaksud adalah adanya standar pelayanan yang sama di seluruh pelabuhan mulai dari Sabang sampai Merauke. Hal tersebut juga akan menjadi katalisator dalam peningkatan daya saing logistik di Indonesia yang selama ini masih dinilai kurang optimal.

"Dukungan serikat pekerja menjadikan manajemen semakin mantap untuk mempercepat proses integrasi, semoga ini menjadi awal yang baik untuk kebersamaan kita semua," aku Arif.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU