Semifinal dan Final Tetap di Wembley

Suasana Stadion Wembley saat menggelar partai Inggris vs Skotlandia di Grup D Piala Eropa 2020. SP/Sportdesk/AP

Kasus Covid-19 di London Meningkat

 

 

 

 

SURABAYAPAGI.COM, London - UEFA menegaskan kembali bahwa gelaran partai semifinal dan final EURO 2020 akan tetap dilangsungkan di Stadion Wembley, London, Inggris.

Kasus COVID-19 yang kembali meninggi di Inggris membuat beberapa pihak khawatir dengan keberlangsungan EURO 2020.

Jika melihat laporan yang beredar belakangan ini, Inggris memang menunjukkan peningkatan kasus COVID-19.

Dilansir dari laman Evening Standard, jumlah kasus di London, pada Selasa (22/6/2021) telah meningkat lebih dari seribu kasus dibandingkan dengan hari Minggu (20/6/2021) yang mencatatkan 9.284 kasus.

Meningkatnya kasus Covid-19 di Inggris pun bisa berimbas pada gelaran Piala Eropa 2020.

Pasalnya, beberapa pertandingan yang belum dimainkan akan digelar di Inggris, tepatnya Stadion Wembley, London. Pertandingan-pertandingan yang akan digelar di Wembley adalah beberapa laga 16 besar, semifinal, dan partai puncak final.

Suara yang paling besar didengungkan berasal dari Perdana Menteri Italia, Mario Draghi. Draghi salah seorang yang cukup khawatir dengan kondisi terkini Inggris. Hal itu pun membuat Mario Draghi mendesak UEFA untuk memindahkan tempat perhelatan partai semifinal dan final dari Stadion Wembley ke Stadion Olimpico, Roma, Italia.

"Saya akan mencoba menghentikan final yang diadakan di negara tempat infeksi meningkat dengan cepat. Saya menganjurkan bahwa final tidak boleh terjadi di negara dengan risiko infeksi sangat besar," tutur Draghi seperti dikutip dari Sky Sports.

Kendati demikian, UEFA selaku penyelenggara Piala Eropa 2020 bersikeras dengan keputusan yang telah mereka tentukan. UEFA menegaskan kembali bahwa mereka tidak memiliki rencana apa pun untuk memindahkan partai semifinal dan final ke tempat lain.

Itu berarti dua pertandingan terakhir Piala Eropa 2020 akan tetap digelar di Stadion Wembley. "UEFA, FA, dan otoritas Inggris bekerja sama dengan sukses untuk menggelar semi-final dan final EURO 2020 di Wembley dan tidak ada rencana mengubah tempat pertandingan itu," bunyi pernyataan UEFA. sky/evs/cr3/rmc