Sehari Jelang Puasa, Wali Kota Sidak Pasar Tanjung Anyar

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasati saat memantau Operasi Pasar Murah Diskouperindah di Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto. SP/Dwy Agus Susanti

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Sehari jelang bulan suci Ramadhan, Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari bersama Forkopimda, sidak ke Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto, Senin (12/4/2021) pagi.

Kedatangannya, untuk memastikan ketersediaan stok bahan pangan serta mengantisipasi melonjaknya harga sembako di Kota Mojokerto, saat akan memasuki bulan puasa.

Di pasar tradisional terbesar Kota Mojokerto tersebut, orang nomor satu di Kota Mojokerto ini, berinteraksi dengan pedagang terkait kondisi bahan pangan maupun komoditas lainnya.

Dimana, ada sejumlah jenis bahan pangan mengalami kenaikan harga karena bertambahnya permintaan dan stok yang terbatas. Dipasar tersebut, tim rombongan memantau harga kebutuhan pokok seperti beras, daging ayam potong dan sayuran.

Tidak ada lonjakan harga yang signifikan, semua kebutuhan pokok tersedia dan dipastikan aman untuk menghadapi bulan suci Ramadhan. Hanya daging ayam potong saja yang mengalami kenaikan signifikan. Hari ini tercatat kisaran Rp. 40 ribu hingga Rp. 42 ribu perkilogram

Untuk itu, Ning Ita meminta kepada perangkat daerah terkait, memastikan stok daging ayam dan kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Alhamdulillah semua stok sembako cukup tersedia di Kota Mojokerto dan harganya juga relatif stabil. Memang ada beberapa komoditas yang naik tapi kenaikannya tidak terlalu besar," ujarnya.

Wali Kota menyampaikan, pemerintah benar-benar hadir untuk pengendalian sembako di pasaran. Salah satunya dengan menggelar Operasi Pasar Murah bahan pokok plus daging ayam potong di depan Pasar Tanjung Anyar.

"Harapan kita, masyarakat mendapat pilihan harga yang lebih murah di banding harga yang ada di pasaran," ungkapnya.

Adapun bahan pokok yang di jual dalam operasi pasar murah tersebut yakni, Beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, dan daging ayam potong.

“Operasi pasar ini juga bertujuan untuk menjaga stabilitas harga di bulan ramadhan dan jelang idul fitri, “ ujarnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Diskouperindag Kota Mojokerto, Ani Wijaya menjelaskan, operasi pasar murah di laksanakan di depan Pasar Tanjung Kota Mojokerto. Kegiatan ini dilakasanakan sehari, dari mulai pukul 08.00 hingga 12.00 siang.

Dilanjutkannya, kegiatan pasar murah tersebut merupakan kegiatan rutin menyambut hari besar keagamaan nasional, dalam hal ini menjelang Ramadhan 2021.Untuk itu, Ia menghimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan operasi pasar murah tersebut.

"Kami berharap operasi pasar murah ini mampu menstabilkan harga kebutuhan pokok. Kami juga berharap warga bisa memenuhi persediaan kebutuhan pokok selama ramadhan dan harga di pasaran juga tetap bisa stabil," katanya.

Ia menambahkan untuk pembukaan pihaknya menyediakan stok lumayan melimpah. Diantaranya, beras bramu pacet kemasan 5 kg sebanyak 20 pack dijual dengan harga Rp. 60 ribu/pack, beras cap ketupat kemasan 3 kg sebanyak 20 pack dijual seharga Rp. 30 ribu/pack, beras Forivit sebanyak 20 kg dijual Rp. 15 ribu/kg.

Untuk gula pasir stok sebanyak 50 kg dijual hanya Rp. 12.500/kg, minyak goreng merk fortune sebanyak 48 liter dijual dengan harga Rp. 13.500/liter, tepung terigu sebanyak 20 kg dijual Rp. 9 ribu/kg, daging ayam potong sebanyak 100 kg dijual hanya Rp. 35.500/kg. Dwy