Satgas Pangan Sidak Pasar Wonokromo, Harga Sembako Normal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Apr 2021 12:12 WIB

Satgas Pangan Sidak Pasar Wonokromo, Harga Sembako Normal

i

Dirreskrimsus Kombes Pol Farman bersama PKPU, Bulog dan Perkebunan yang tergabung di satgas pangan sidak di pasar Wonokromo Senin (12/4/2021)

SURABAYAPAGI, Surabaya - Antisipasi lonjakan harga sembako jelang puasa ramadhan, Satgas Pangan Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Wonokromo. Sidak ini untuk mengecek apakah terjadi kenaikan harga sembako.

"Kami bersama-sama yang tergabung dalam satgas pangan dari Polda Jatim, Bulog, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan dan juga dari KPPU melakukan pemantauan terhadap harga pangan kebutuhan pokok di masyarakat, Salah satunya di pasar Wonokromo ini, tujuannya adalah untuk memantau apakah menjelang bulan ramadhan dan Idul Fitri ada kenaikan harga terhadap 9 bahan pokok," papar Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Farman usai sidak di Pasar Wonokromo Surabaya, Senin (12/4/2021).

Baca Juga: Bakal Kembali di Program Televisi, Ivan Gunawan: Ngisi Acara Buka Puasa di Brownis, Sebulan Aja

Sebelumnya, Farman menyebut pihaknya telah melakukan koordinasi melalui zoom meeting tentang produksi, produsen, distribusi maupun harga. Setelah itu, pihaknya memilih turun langsung untuk mengecek langsung apakah benar ada kenaikan harga sembako di pasar.

Hasilnya, Farman mengaku cukup lega karena terjadi kenaikan yang tidak terlalu besar. Farman menyebut harga cenderung stabil. Kendati demikian, Farman mengatakan harga bahan pokok ini biasanya cenderung naik saat mendekati Idul Fitri.

"Alhamdulillah hasil pengecekan tadi, rata-rata kebutuhan pokok masih dalam kondisi stabil harganya. Kemungkinan harga bahan pokok akan naik mungkin mendekati hari raya nanti," imbuhnya.

Disinggung terkait harga cabai yang mulai merangkak naik lagi, Farman mengatakan hal kenaikannya tidak terlalu banyak. "Seperti ayam dan telur ada sedikit kenaikan. Untuk lainnya masih dalam kondisi stabil. Lalu cabai memang ada kenaikan sedikit, terutama kaitannya dengan cabai rawit, ada kenaikan," katanya.

"Rencana ke depan, tadi sudah saya bicarakan kita akan turun kembali ke pasar keputran, biar kita tahu berapa harga kulakan di sana. sehingga bisa kita stabilisasi harga di sana. Karena rata-rata pedagang di sini bahan-bahan cabai, bawang dan sayur mayur mengambil di keputran," tambahnya.

Baca Juga: Satgas Pangan Kota Malang Cek Bapok Jelang Ramadhan

Sementara itu, pedagang cabai, Salman mengatakan cabai rawit sempat turun menjadi Rp 50 ribu, namun hari ini naik lagi menjadi Rp 70 ribu.

"Hari ini cabai kecil naik Rp 20 ribu per kilogram, dari awalnya Rp 50 ribu ke Rp 70 ribu. Terus bawang merah naik sedikit dari Rp 28 ribu ke Rp 30 ribu. Tapi yang lain normal semua," papar Salman.

Sedangkan penjual ayam potong, Murifah, mengaku ada sedikit kenaikan harga. Dia menyebut pada awal ramadhan ini terjadi pembatasan stok dari peternak.

Baca Juga: Satgas Pangan Turun ke Lapangan Cari Penyebab Kenaikan Harga Bapok

"Sudah satu mingguan menjelang ramadhan ini harga ayam naik. Kemarin Rp 30 ribu sampai Rp 33 ribu, sekarang Rp 38 ribu. Naiknya karena barangnya sekarang dijatah nggak banyak. Kalau permintaan ya sama aja, mulai ada COVID-19 ini nggak terlalu banyak lah," paparnya.

Sedangkan kepala PKPU Dandy Rahmat menjelaskan tidak ada masalah dalam penyaluran sembako, cuman ada sedikit kenaikan. Pedagang tak punya alternatif pasokan. Jika ada alternatif pasokan kita bisa mencari harga yang lebih rendah.

Dedy Apriyadi Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog saat ini ada 334 ribu ton beras dan aman hingga Idul Fitri. Sedangkan Bulog saat ini juga melakukan penyerapan gabah dan beras yang ditargetkan mencapai 311 ribu ton.nt

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU