Sambangi SIB, Cak Ji Diwaduli Nelayan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 30 Mei 2021 13:07 WIB

Sambangi SIB, Cak Ji Diwaduli Nelayan

i

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji dan rombongan bertemu dengan para nelayan di Sentra Ikan Bulak Surabaya, Jumat (28/5/2021). SP/PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI, Surabaya – Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji bersama anggota Komisi C DPRD Abdul Ghoni Mukhlas beraudiensi dengan komunitas nelayan di Sentra Ikan Bulak Surabaya, Jumat (28/5).

Pada kesempatan itu, perwakilan dari komunitas nelayan mengungkapkan beberapa hal yang menjadi keresahan mereka "Mereka mengeluhkan tanggul pemecah ombak agar segera dibangun, harga ikan yang cenderung tidak stabil, dan asuransi untuk nelayan," katanya. Sabtu (29/5/2021).

Baca Juga: Dampingi Siswa Inklusi, Guru di Surabaya Diberi Pembekalan

Menurut dia, dari tiga permasalahan yang dikeluhkan nelayan tersebut, pembangunan tanggul pemecah ombak uang dipandang menjadi prioritas untuk saat ini. 

Hal ini juga mengantisipasi datangnya banjir rob yang secara tiba-tiba merendam bangunan rumah warga di kawasan pesisir utara Surabaya, sekaligus juga mengakibatkan kerusakan terhadap perahu milik nelayan. 

Seperti halnya banjir rob akibat dari fenomena super blood moon atau gerhana bulan total yang terjadi pada Rabu (26/5/2021) malam telah mengakibatkan sejumlah kawasan di pesisir utara Surabaya sempat terendam air.

Baca Juga: Oknum Polisi di Surabaya Cabuli Anak Tirinya Sejak SD Selama 4 Tahun, Korban Trauma Berat

Armuji berjanji, pihaknya akan segera koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya agar bisa memfasilitasi para nelayan terkait tiga permasalahan itu.

Mengenai asuransi, Armuji mengatakan Pemkot Surabaya akan memenuhi permintaan nelayan tersebut. Apalagi, kata dia, asuransinya tidak mahal yakni Rp 18 ribu per tahun. 

Baca Juga: Pokemon Run 2024 Ramaikan kota di Surabaya

"Semoga, nanti kami bisa subsidi sebagian. Biar ada berbagi rasa tanggung jawab antara nelayan dan pemerintah," ujarnya.     

Armuji juga menjelaskan, pentingnya memfasilitasi nelayan dalam menjaga keselamatan mereka. Apalagi mata pencaharian para nelayanan yang senantiasa berada di laut serta menantang bahaya. lp/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU