Sabet Penghargaan Dari Kadin, Khofifah: Pasar Dalam Negeri Jadi Potensi Kuat Bagi Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Nov 2021 13:40 WIB

Sabet Penghargaan Dari Kadin, Khofifah: Pasar Dalam Negeri Jadi Potensi Kuat Bagi Jatim

i

Gubernur Khofifah saat pembukaan Pameran Produk Unggulan Bangga Buatan Indonesia INAPRO Expo 2021 di Exhibition Hall Convex Grand City Surabaya, Kamis (25/11).

SurabayaPagi, Surabaya- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meraih penghargaan sebagai Tokoh Aktif Pendorong Peningkatan Perdagangan Antar Provinsi dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) di Exhibition Hall Convex Grand City Surabaya, Kamis (25/11). 
 
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid kepada Gubernur Khofifah dalam rangkaian Pembukaan Pameran Produk Unggulan Bangga Buatan Indonesia INAPRO Expo 2021. Atas penghargaan tersebut, Khofifah mengucapkan terima kasih kepada Kadin Indonesia, Kadin Jatim dan seluruh stakeholder yang tetap pro aktif mendorong  sektor perdagangan meski ditengah situasi pandemi.
 
“Terima kasih Kadin dan seluruh stakeholder atas energinya yang banyak memberikan support bagi kami yang ada di Provinsi Jatim. Lebih banyak memberikan kepada seluruh pergerakan perdagangan termasuk untuk UMKM di Jatim,” kata Khofifah.
 
Khofifah mengatakan, meskipun ekspor luar negeri Jawa Timur masih mengalami defisit Rp49 Triliun, akan tetapi ekspor dalam negeri mencapai surplus Rp173 Triliun. Ini artinya, tambah dia, pasar dalam negeri masih menjadi potensi yang sangat kuat bagi Jatim. 
 
“Alhamdulillah investasi dalam negeri di Jatim selalu tertinggi. Provinsi Jatim ini suasananya mendukung tumbuh kembang ekonomi yang produktif dan kondusif atas dorongan masyarakat yang solid , kreatif dan solidaritas yang  tinggi,” imbuhnya. 
 
“Pemprov Jatim saat ini memiliki  25 Kantor Perwakilan Dagang (KPD) di berbagai provinsi. Pemprov Jatim juga melakukan misi dagang ke provinsi lain,” jelas gubernur perempuan pertama di Jatim itu. 
 
Menurut Khofifah, dalam mendorong roda perdagangan antar provinsi, perlu menemukenali potensi pasar yang dimiliki baik dalam maupun  luar negeri. Sehingga ketika terdapat misi dagang maka tidak sekedar pertemuan penjual dan pembeli tetapi juga  investasi serta tidak kalah pentingnya  saling menemukenali potensi yang dimiliki antar wilayah.
 
“Dalam waktu dekat, Jatim akan melakukan misi dagang ke Ambon. Tahun depan jika situasi Covid-19 terus melandai maka akan dilakukan misi dagang ke 12 titik,” paparnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Khofifah juga memaparkan skala ekonomi Provinsi Jatim yang notabene adalah terbesar kedua di Indonesia. Hingga triwulan III Tahun 2021, kontribusi Jatim terhadap PDB nasional mencapai 14,54%. Sementara kontribusi Jatim terhadap konstelasi se-Jawa mencapai 25,33%. 
 
Sementara itu, Ketum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid menilai, Gubernur khofifah sangat aktif dan bersinergi mendorong peningkatan perdagangan antar provinsi. Peningkatan ekspor dalam negeri terus konsisten terus dilakukan hingga akhir tahun 
 
Seusai membuka Pameran INAPRO Expo 2021, Gubernur Jatim bersama Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional 
Kemendag RI Didi Sumedi, Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid, Ketua KADIN Jatim Adik Dwi Putranto meninjau beberapa stand dari berbagai daerah juga  stand  Bank Indonesia, Bank Jatim, Kadin Indonesia, dan sebagainya.
 
Selanjutnya juga dilakukan pelepasan ekspor Kopi Arabica Luwak Ijen (roasted coffee) dari PT. Erefindo Jaya Indonesia sebanyak 2,5 Ton ke Fuzhou, China. Sebagai informasi, Pameran yang bertajuk “Local Product To Global Market” diselenggarakan pada tanggal 25-28 November 2021 diikuti sebanyak 97 stand. 
 
Dalam kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan sejumlah MoU. Diantaranya Penandatanganan MoU Pembentukan House of Entrepreneur antara Ketua KADIN Jatim, Kepala Perwakilan BI Jatim, dan Rektor Universitas Ciputra. Penandatanganan MoU antara KADIN Jatim dengan PWI Jatim, antara Jatim dengan HIPMI Jatim.
 
Penandatanganan MoU Pengembangan SDM antara Ketua KADIN Jatim dengan Dosen Pasca Sarjana Universitas Airlangga. Penandatanganan MoU antara Ketua KADIN Jatim dengan Direktur PT. HM. Sampoerna tentang Pembinaan UMKM, Pemagangan mahasiswa (Program MBKM - Merdeka Belajar Kampus Merdeka). By

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU