Ribuan Tenaga Pendidik Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 23 Feb 2021 11:39 WIB

Ribuan Tenaga Pendidik Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua

i

Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto, Amin Wachid. SP/ BJ

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Ribuan tenaga pendidik sebanyak 1.527 orang yang diusulkan menjadi sasaran prioritas vaksinasi Covid-19 di tahap dua nanti ke Dinkes Kota Mojokerto. Sesuai dengan Surat Permohonan Prioritas Vaksin untuk Tenaga Kependidikan dengan Nomor : 800/233/417.501/2021 tertanggal 8 Februari 2021 ditandatangani Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto, Amin Wachid menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pendataan guru dalam rangka persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Baca Juga: Tinjau Banjir Kota Mojokerto, Pj Gubernur Jatim Bantu Logistik dan Pompa Air

“Dari data itu, nanti kami ajukan ke Dinkes untuk permohonan prioritas vaksin kepada para guru,” ungkapnya, Selasa (23/2/2021).

Menurut Amin, hal tersebut dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19. Pemerintah diberikan kewenangan penuh dalam kebijakan menyelesaikan PTM.

“Prinsip kebijakan pendidikan di masa pendemi Covi-19, kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat tetap merupakan prioritas utama. Sehingga kami mempersiapkan standar protokol kesehatan sebelum PTM, 1 Maret mendatang,” katanya.

Baca Juga: Banjir Rendam Empat Kelurahan, 4503 Warga Kota Mojokerto Terdampak

Seperti ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan. Toilet bersih dan layak, adanya sarana cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer dan disinfektan, akses fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan penerapan wajib masker, memiliki thermo gun, pemetaan warga satuan pendidikan terkait resiko Covid-19.

“Dan yang terpenting mendapatkan persetujuan komite sekolah atau perwakilan orang tua wali murid. Untuk memaksimalkan hal tersebut, tenaga kependidikan merupakan kelompok yang menjadi prioritas penerima vaksin sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 84 Tahun 2020,” ujarnya.

Baca Juga: Banjir di Kelurahan Meri Terparah Sejak 5 Tahun Terakhir, Bantuan Mulai Datang, Banjir Mulai Surut

Namun tidak bisa untuk semua guru karena berhak atau tidak menerima vaksin harus dilakukan skrining dulu. Pihaknya berharap pada, minggu ketiga Februari para tenaga kependidikan bisa segera divaksin karena ditargetkan menuntaskan seluruh persyaratan protokol kesehatan sebelum PTM digelar.

“Sebelum Maret insya Allah kita selesaikan semua. PTM kuncinya ada 3, protokol kesehatan, izin Kepala Daerah dan orang tua wali murid. Langkah Bu Wali Kota sudah tepat dan arahan Kementrian Pendidikan untuk segera mempersiapkan PTM karena yang dikhawatirkan one generation is lost, kita sudah kehilangan satu generasi,” tegasnya. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU