Revitalisasi Pasar, Pemkab Magetan Anggarkan Rp 5,4 M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 02 Agu 2021 17:49 WIB

Revitalisasi Pasar, Pemkab Magetan Anggarkan Rp 5,4 M

i

Pembongkaran pagar Pasar Baru sebagai lanjutan proyek revitalisasi Pasar Baru Magetan, Senin (2/8/2021).

SURABAYAPAGI.COM, Magetan - Pemkab Magetan menggelontorkan anggaran Rp 5,4 milyar untuk revitalisasi bagian pasar. Anggaran tersebut bersumber dari dana alokasi umum (DAU) tetap.

“Lelang sudah selesai. Ini sudah mulai pembangunan proyek fisik,” terang Handoko Kabid Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Magetan, Senin (2/8/2021)

Baca Juga: Mei 2024, Revitalisasi Pasar Simo Surabaya Ditargetkan Tuntas

Yakni sebanyak 20 perusahaan berasal dari berbagai daerah sudah pasang harga untuk menangkan tender dan menggarap pasar yang dibangun lebih dari 25 tahun lalu itu. Pagu di angka Rp 5,4 miliar sementara harga perkiraan sendiri (HPS) Rp 5,342 miliar. Masing – masing penyedia menawarkan paling tinggi Rp 5,1 miliar. Hingga yang paling murah Rp 4 miliar.

“Sudah ada pemenang berkontrak. Yakni PT Sahabat Karya Sejati. Asal Makassar Sulawesi Selatan. Dengan harga penawaran dan harga terkoreksi yakni Rp 4,273 miliar,” terang Handoko.

Baca Juga: Dapur Rumah Warga di Magetan Hangus Terbakar, Ketua RW: Sudah Dua Kali, Penyebabnya Sama

Dia menyebut pembangunan difokuskan pada fasad barat dan timur. Untuk bagian barat, juga ditambah dengan pembangunan tangga manual. Anggaran yang semula diperkirakan sekitar Rp 3,1 miliar, kini bertambah lantaran juga ditambah pembangunan paving block di halaman pasar dan dirancang ramah untuk para difabel. “Juga ada taman – taman yang nanti ditambahkan di sekitar halaman pasar,” ungkapnya.

Selain itu, juga fokusnya adalah membongkar seluruh pagar. Dan memindahkan pos polisi yang ada di pojok selatan pasar. Pos tersebut bakal menyatu dengan kawasan pasar. “Sehingga, akan tersedia banyak ruang untuk parkir dan taman untuk kelengkapan kawasan pasar. Sementara hanya pagar bagian timur, barat, dan selatan yang dibongkar,” katanya.

Baca Juga: Belasan Warga di Magetan Diduga Terjangkit DBD, Mayoritas Dirawat di Rumah

Tahun lalu, pihaknya baru melakukan pembangunan fasad selatan dan sebagian fasad timur. Sskaligus dengan menambahkan eskalator. Dengan total dana pembangunan yakni Rp 5,4 miliar. 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU