Ratusan Warga Padati Vaksin Drive Thru Covid-19 Polres Tanjung Perak

Penyuntikan vaksin covid-19 drive thru di halaman depan Polres Pelabuhan Tanjung Perak. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya - Ratusan warga Surabaya mengikuti vaksinasi covid-19 di halaman depan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Kamis (15/07/2021).

Berbeda dengan model vaksinasi pada umumnya, vaksinasi yang digelar kali ini adalah model vaksinasi drive thru. 

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum menyampaikan, tujuan digelarnya vaksinasi dengan model drive thru adalah untuk mencegah terjadinya kerumunan warga.

"Jadi ini merupakan langkah inovasi kita, sehingga protokol kesehatan tetap terjaga dan kerumunan massa dapat terhindarkan. Karena yang datang ini ada yang menggunakan mobil ada pula dengan motor," kata Ganis Setyaningrum kepada Surabaya Pagi, Kamis (15/07/2021).

Sebagai informasi, hari ini adalah hari ke-15 pelaksanaan vaksin drive thru yang dilakukan Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Adapun jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin sinovac dengan dosis injeksi pertama.

Secara teknis, penyuntikan vaksin tahap 1, diperuntukan bagi warga Surabaya dengan menggunakan vaksin yang berasal dari dinas kesehatan Surabaya. Sementara untuk warga non-Surabaya menggunakan vaksin presisi.

"Untuk vaksinasi presisi masih belum tersedia sementara waktu, sehingga kali ini hanya warga Surabaya saja," katanya.

Data yang dikumpulkan Surabaya Pagi di lapangan, kurang lebih sekitar 500 hingga 750 dosis vaksin yang disuntikan kepada masyarakat setiap harinya di Polres Pelabuhan Tanjung Perak. 

Secara umum, cakupan vaksinasi tahap pertama di Kota Surabaya dengan rentang usia 12 tahun ke atas, hingga hari kurang lebih sebanyak 1.228.150 orang.

Secara persentase, jumlah ini telah mencapai 55,33 persen dari target sasaran yang diberikan dinas kesehatan Surabaya yakni 2.219.806 orang. Sementara untuk vaksinasi dosis tahap dua saat ini baru sekitar 30,19 persen.sem