Proyek MCC Senilai Rp 100 Miliar Direalisasikan Tahun 2021

Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang atau Jasa Kota Malang Widjaja Saleh Putra. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Malang - Kota Malang akan segera direalisasikan pusat kegiatan ekonomi kreatif di tahun ini lewat pembangunan proyek Malang Creative Center (MCC). Rencananya, proses tender juga bakal segera dilakukan pekan ini.

Gedung tersebut akan dibangun setinggi 8 lantai di lahan eks gedung PDAM lama di kawasan Jl Achmad Yani. MCC ini nantinya yang akan memfasilitasi sekitar 100 pelaku ekonomi kreatif asal Kota Malang.

Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang atau Jasa Kota Malang Widjaja Saleh Putra mengungkapkan, proses awal tender kali ini adalah untuk mencari konsultan pengawas pekerjaan fisik MCC dengan pagu anggaran senilai Rp 1,5 Miliar.

"Minggu-minggu ini kita naikkan (di upload ) ke LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) tender untuk pengadaan jasa pengawasannya atau manajemen konstruksinya. Ini masih proses," ujarnya, Selasa (16/2/2021).

Widjaja menjelaskan, jika pagu anggaran yang disiapkan untuk tender konsultan pengawas ini totalnya senilai Rp 2,5 Miliar. Namun, karena proyek pembangunan MCC dikerjakan dengan sistem Multiyears maka saat ini yang dimasukkan baru separuhnya saja.

Nantinya, setelah proses uploading lelang tender ke LPSE dilakukan, masih butuh waktu setidaknya 70 hari untuk bisa ditentukan pemenangnya.

"Prosesnya konsultan pengawasan ini normatif, minimal butuh waktu 70 hari, bisa lebih. Misalkan tender gagal karena yang mendaftar tak memenuhi kualifikasi, maka itu akan diulang lagi, tender ulang," imbuhnya.

Tak hanya itu, setelah tender konsultan pengawas terupload, maka selanjutnya akan dilakukan lelang tender berikutnya. Yakni, tender pelaksanaan jasa konstruksi MCC.

Terkait, konstruksi fisik MCC, dikatakan Widjaja, prosesnya lebih cepat sesaat setelah diumumkan di LPSE. Yaitu, butuh waktu minimal 40 hari saja.

"Proses pemilihannya itu 40 hari cukup (tender pelaksana jasa kknstruksi), itu standart lho ya, bisa lebih. Misalnya tender gagal, ulangi lagi," tandasnya.

Untuk diketahui, pembangunan MCC menggunakan sistem multi years dalam pengerjaannya dengan total anggaran Rp 100 Miliar. Yakni, di APBD Kota Malang 2021 ini, pagu anggarannya senilai Rp 75 Miliar. Lalu dilanjutkan di tahun 2022, senilai Rp 25 Miliar. Dsy7