PPKM Turunkan Angka Kecelakaan Hingga 50 Persen di Lamongan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 29 Jul 2021 18:47 WIB

PPKM Turunkan Angka Kecelakaan Hingga 50 Persen di Lamongan

i

Kecelakaan maut di Lamongan yang terjadi beberapa waktu lalu.

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Penerapan PPKM darurat yang diperpanjang lalu berganti PPKM level 4 berhasil menekan mobilitas masyarakat. Tak pelak, dengan rendahnya mobilitas masyarakat, tingkat kecelakaan lalu linyas juga menuru.

Hal itu dibenarkan Kanit laka Polres Lamongan Iptu Purnomo. Ia menyebut setelah adanya pembatasan berkala atau adanya PPKM Darurat, angka kecelakaan di Lamongan menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Baca Juga: Mandala Shoji dan Istri Alami Kecelakaan Mobil hingga Ringsek, Tahun Ini Gagal Mudik

“Penurunan kali ini, tentunya ada PPKM Darurat hingga pembatasan bagi beberapa warga yang melintas ke luar kota sehingga sangat minim sekali, adanya kendaraan luar kota yang melintas terutama mobil dan sepeda motor,” ujarnya, Kamis (29/7).

Disebutkan, data yang ada di Satlantas Lamongan menunjukkan pada bulan Juli 2021 ini ada sebanyak 49 kejadian kecelakaan lalu lintas.

Dari 49 kejadian ini, 13 orang meninggal dunia dan 64 orang mengalami luka ringan. 

Pada bulan sebelumnya yaitu Juni, terang Purnomo, ada sebanyak 79 kejadian laka lantas.

"Di bulan Juni itu ada 79 kejadian laka lantas dengan rincian 15 orang meningal dunia dan 98 orang mengalami luka ringan," ungkapnya.

Baca Juga: Sebanyak 300 Personil Diterjunkan Untuk Operasi Ketupat 2024

Selain karena adanya penyekatan kendaraan yang melintas selama PPKM, lanjut Purnomo, penyebab menurunnya angka kecelakaan lainnya adalah Pandemi Covid-19 sehingga banyak warga telah membatasi diri untuk tidak keluar rumah atau berpergian jauh jika tidak urgen.

Purnomo berharap, penurunan angka kecelakaan akan terus terjadi "Semoga saja terus mengalami penurunan bahkan ketika nanti tidak ada penyekatan atau yang lainnya," katanya.

Purnomo juga berharap agar semua pengguna kendaraan untuk selalu dan tetap berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. 

Baca Juga: Hantam Pohon, Pengendara di Jombang Tewas

Faktor terbanyak penyebab kecelakaan lalulintas adalah kelalaian pengemudi yang salah satunya adalah kondisi mengantuk namun dipaksa untuk tetap mengemudikan kendaraan.

Kalaupun sudah terasa mengantuk, tentunya jangan sampai dikuatkan untuk mengemudi, silahkan menepi terlebih dahulu agar tidak mencelakakan orang lain atau diri sendiri.

"Kalau ngantuk jangan mengemudi, kalau mengemudi jangan ngantuk," pungkasnya.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU