PPKM Mikro Berhasil, 940 RT di Kota Madiun Masuk Zona Hijau

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Feb 2021 11:28 WIB

PPKM Mikro Berhasil, 940 RT di Kota Madiun Masuk Zona Hijau

i

Wali Kota Madiun Maidi. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Madiun - PPKM  mikro di tingkat rukun tetangga (RT) Kota Madiun tersebut membuat 940 RT dari 1.025 RT yang ada di Kota Madiun masuk zona hijau. Artinya, sudah 91,7% RT masuk zona hijau. Peristiwa tersebut menandakan jika Pemberlakukan PPKM mikro tersebut berhasil.

Dari sebaran zona hijau di RT tersebut terbagi di tiga Kecamatan. Masing-masing 281 RT di Kecamatan Kartoharjo, 303 RT Kecamatan Manguharjo, dan 356 RT di Kecamatan Taman. Sedangkan sisanya 8,3% atau 85 RT masih berada di zona kuning.

Baca Juga: Covid-19 di Indonesia Naik, Ayo Masker Lagi

Menanggapi kabar baik tersebut, Wali Kota Madiun Maidi menyampaikan, angka tersebut diketahui dari hasil mapping PPKM mikro di Kota Madiun berdasarkan penetapan kriteria dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 tentang PPKM berskala mikro.

“Meskipun saat ini Kota Madiun tidak ada RT di zona merah namun, pemkot terus berupaya secara maksimal dalam penanggulangan Covid-19 ini agar tidak terjadi peningkatan kasus lagi,” tandasnya, Selasa (16/2/2021).

Baca Juga: Tahun Depan, Dishub Kota Madiun Ambil Alih Area Parkir Pihak Ketiga

Maidi juga meminta agar posko di tingkat kelurahan dilakukan secara optimal. Namun, Maidi  tidak ingin menghambat atau mengganggu perekonomian warga atas adanya PPKM berskala mikro tersebut.

"Maka dari itu kami siapkan segalanya. Kalau di kelurahan sudah ada kampung tangguh, jadi di setiap RT dan RW ada pelopor protokol kesehatan serta ada satgas yang mengawasi sebagai tim isoman hunter untuk memantau pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah,” ungkapnya.

Baca Juga: Dampak Fenomena El Nino, Harga Beras dan Cabai Rawit di Kota Madiun Melonjak

Selain itu, menurutnya keberhasilan dalam meningkatkan kesembuhan tersebut tak luput dari kerja sama dan kesadaran masyarakat untuk mendukung usaha Pemkot Madiun bersama tiga pilar dalam menekan kasus penyebaran Covid-19.

"Sekali lagi, untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, kami tidak bosan menyerukan kepada seluruh warga untuk dapat menerapkan 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas," ucapnya. Dsy8

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU