PON XX Papua, Tim Tenis Jatim Optimis Sapu Bersih Emas

Petenis tunggal putri Indonesia, Aldila Sutjiadi saat bertanding melawan petenis Vietnam Savanna Ly-Nguyen dalam Tenis Tunggal Putri di ajang SEA Games 2019 di Rizal Memorial Sports Complex, Manila, Filipina, 6 Desember 2019. REUTERS/Eloisa Lopez

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Tim Tenis Jawa Timur, optimis mengusung target besar di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/ 2021 di Papua, 2-15 Oktober. Tim Tenis Jatim ingin menyapu bersih semua medali emas.

Target ini dirasa realistis, karena ada beberapa nama yang sebelumnya telah menyumbang medali di PON 2016 akan ikut. Sebut saja ada Aldila Sutjiadi, Anthony Susanto, Rifqi Fitriadi, dan Christoper Rungkat.

Meski punya nama beken, tapi Jatim mengaku akan tetap waspada. Hal ini karena ada beberapa kontingen daerah lain yang dianggap cukup kuat. “Saya rasa pesaing paling kuat itu Jawa Barat, DKI Jakarta, dan tuan rumah Papua,” kata Aldila Sutjiadi.

Aldila mengungkapkan, Jawa Barat dan DKI Jakarta memang sudah jadi musuh bebuyutan Jatim. Khusus untuk  Papua, Ia mengatakan memang tidak ada nama tenar dalam skuad. Tapi, status tuan rumah jelas menjadi keuntungan.

“Mereka tahu bagaimana kondisi cuaca di Jayapura. Belum lagi dukungan dari warga Papua yang siap datang langsung ke venue tenis di lapangan Sian Soor, Jayapura”ujarnya.

Soal cuaca, Aldila sama sekali tidak mempermasalahkan. Memang dia baru berlatih Kamis pagi. Dia juga tidak menampik kalau cuaca lebih panas ketimbang di Jakarta. “Tapi saya rasa tidak masalah. Toh kami masih punya waktu tiga hari sebelum pertandingan dimulai nanti. Jadi kami masih bisa adaptasi lagi,” kata wanit kelahiran 2 Mei 1995 itu.

Pada gelaran PON kali ini, Aldila belum tahu akan turun di nomor apa saja.  Pada PON 2016, dia turun di nomor tunggal putri dan ganda putri. Hebatnya, dia mampu mempersembahkan emas pada dua nomor tersebut. Untuk PON kali ia mengaku akan tetap berusaha sekuat tenaga. “Yang jelas saya harus bekerja keras dan tampil maksimal di ajang ini. Itu kuncinya,” terang Aldila.

Nantinya, tenis akan dimulai dengan petandingan beregu. Pada gelaran PON 2016, Jatim mampu menyapu bersih emas di nomor beregu. Baik tim putra maupun putri sama-sama mampu tampil sebagai juara.kn