Polres Gresik Gelar Apel Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 25 Okt 2021 12:12 WIB

Polres Gresik Gelar Apel Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana

i

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingi Kapolres AKBP Mochamad Nur Aziz melihat peralatan dapur umum usai menggelar apel pasukan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana.SP/GRS

 

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Polres Gresik menggelar apel kesiapsiagaan pasukan dan peralatan di lapangan mapolres guna antisipasi bencana alam, Senin pagi (25/10/2021). Apel ini merupakan persiapan menjelang musim penghujan tahun ini.

 Apel dipimpin langsung Bupati Fandi Akhmad Yani didampingi Kapolres AKBP Mochamad Nur Azis dan Pasi Ops Kodim 0817 Kapten Inf Hari. Diikuti ratusan personel gabungan dari TNI–Polri, satpol PP, BPBD, PMI Orari, relawan dan Saka Bhayangkara.

 Dalam sambutannya, Bupati Yani menyampaikan sejak 2020 Indonesia termasuk Gresik dilanda berbagai bencana, baik alam maupun nonalam seperti Covid-19. Meski demikian, pihaknya mengapresiasi TNI-Polri, BPBD, nakes dan seluruh stakeholders dalam penanganan pandemi sehingga penyebarannya per hari ini mengalami penurunan. 

“Sehingga ke depan dalam penanganan bencana selain memerhatikan faktor evakuasi juga mengedepankan protokol kesehatan agar dalam penanganannya tidak menimbulkan klaster baru Covid-19,” kata bupati.

 Pihaknya saat ini juga menyiapkan rencana kontijensi sesuai tata kelola kedaruratan protokol kesehatan termasuk penyediaan sarana dan prasarana. Pendekatan secara preventif kepada masyarakat juga dilakukan untuk memberi pemahaman dalam menghadapi bencana alam.

 Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis berharap sinergitas seluruh stakeholder dalam mitigasi bencana berjalan lancar. Pihaknya mewanti-wanti seluruh anggota yang terjun ke lapangan untuk menjaga kesehatan dan memedomani protokol kesehatan agar tugas terlaksana secara optimal.

 “Pengecekan terhadap peralatan SAR akan dilakukan secara intens dan berkala yang dimiliki masing–masing instansi. Harapannya peralatan tersebut siap pakai saat dibutuhkan dalam penanganan bencana,” kata lulusan Akpol 2002 itu. 

Ada pun peralatan yang dibawa dalam apel tersebut di antaranya mobil PMI, mobil ambulance dan empat mobil BPBD. Serta kendaraan pendukung dari TNI–Polri dan instansi lain terkait.grs

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU