Permudah Aksesibilitas Pasca lebaran, Free Ongkir PMT Diperpanjang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 17 Mei 2021 12:06 WIB

Permudah Aksesibilitas Pasca lebaran, Free Ongkir PMT Diperpanjang

i

PMT Kementerian Pertanian memperpanjang layanan belanja online dengan free ongkir hingga akhir Mei. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pasca lebaran ini, Pasar Mitra Tani (PMT) Kementerian Pertanian memperpanjang layanan gratis ongkir Pasar Mitra Tani (PMT) hingga hingga 31 Mei 2021 mendatang. Kebijakan perpanjangan promo itu akan mempermudah aksesibilitas masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga murah, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementan, Risfaheri, hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan dan keringanan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pasca lebaran. Promo gratis ongkir ini merupakan kerja sama Kementan dengan GrabMart.

Baca Juga: Genjot Swasembada Padi dan Jagung, Kementan Anggarkan APBN Rp 7,74 Triliun

"Pascalebaran biasanya pasar tidak langsung normal, pasokan bahan pangan dari produsen atau petani ke pasar belum normal termasuk juga harganya belum stabil," ujar Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementan Risfaheri dalam keterangan tertulis, Senin (17/5/2021).

Salah seorang perwakilan Grabmart Rizky menambahkan hal ini sebagai respons terhadap tingginya antusiasme masyarakat terhadap pemenuhan pangan selama bulan puasa dan usai Hari Raya Idul Fitri.

"Kami tentu saja men-support penuh layanan free ongkir ini, sebagai bagian dari kontribusi agar stabilitas pasokan dan harga pangan dapat terus terjaga," terang Rizky.

Baca Juga: Kementan Bakal Optimalkan 20% Pemanfaatan Rawa untuk Produksi Beras Nasional

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Dia menerangkan dunia terus berubah dan bergerak secara cepat dan dinamis. Oleh karena itu Indonesia tidak boleh tinggal diam, melainkan perlu ikut beradaptasi.

"Kita dituntut untuk mampu melihat peluang yang ada. Keterbatasan mobilisasi akibat pandemi Covid-19 menuntut dan membuka peluang bagi para pelaku bisnis untuk lebih kreatif, lebih berkolaborasi, dan menggunakan mekanisasi dan teknologi pada semua aspek kehidupan yang ada, termasuk penggunaan digital dan online system," terangnya.

Baca Juga: Kementan Bakal Cabut Izin Distributor dan Pengecer Jika Endapkan Stok Pupuk Subsidi

Selain melalui Grabmart, masyarakat juga dapat menikmati layanan promo free ongkir melalui aplikasi marketplace PasTani. Layanan belanja online dengan free ongkir melalui aplikasi tersedia di PMT Pasar Minggu dan PMT Klender di Jakarta, PMT Cimanggu Bogor, dan PMT Depok.

PasTani merupakan aplikasi layanan pengantaran daring yang dikelola PMT Kementan. Kehadiran PasTani menurut Kepala BKP Agung Hendriadi menjadi salah satu wujud adaptasi dan inovasi dalam menghadapi dinamika lingkungan dan perubahan interaksi masyarakat ke arah digitalisasi. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU