Pemkot Gandeng Enam Perguruan Tinggi Kembangkan Potensi Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Nov 2021 10:44 WIB

Pemkot Gandeng Enam Perguruan Tinggi Kembangkan Potensi Surabaya

i

Pertemuan bersama enam perguruan tinggi yang ada di Kota Pahlawanyang  berlangsung di ruang kerja Wali Kota Surabaya, Balai Kota Surabaya, Selasa (9/11/2021).SP/HUMAS PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI,Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggandeng enam perguruan tinggi yang ada di Kota Pahlawan. Hal ini karena Pemkot terus berupaya untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengembangkan potensi yang ada di Kota Surabaya

Hadir dalam pertemuan itu Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof. Mohammad Nasih, Rektor Institut Sepuluh Nopember (ITS) Prof. Mochamad Ashari, Wakil Rektor I Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Sukenda, Rektor Universitas Ciputra (UC) Ir. Yohannes Somawiharja, Rektor Universitas Kristen Petra (UK Petra) Prof. Djwantoro Hardjito, dan Rektor Universitas Surabaya (Ubaya) Benny Lianto.  Pertemuan tersebut berlangsung di ruang kerja Wali Kota Surabaya, Balai Kota Surabaya, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi langsung meminta saran dan pendapat kepada para Rektor untuk proses pengembangan potensi yang ada di Kota Surabaya. Hal ini bertujuan agar perguruan tinggi bisa menerjunkan para pengajar dan mahasiswanya untuk membangun Kota Surabaya. 

“Surabaya ini memiliki banyak perguruan tinggi yang hebat, tentunya kami tidak bisa bergerak sendiri tanpa adanya kolaborasi dengan semua pihak. Makanya saya minta masukan untuk menggerakkan kekuatan ini dengan mengumpulkan perguruan tinggi swasta dan negeri, untuk menjadi bagian dalam pembangunan Kota Surabaya,” ungkap Wali Kota Eri.

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

 Usai mendengarkan saran dan pendapat dari para rektor perguruan tinggi, Wali Kota Eri menyampaikan bahwa pihaknya membutuhkan keterlibatan dan peran para anak muda, khususnya mahasiswa untuk membangkitkan potensi yang ada di Kota Surabaya. Sebab, Wali Kota Eri berpendapat, bahwa hal ini selaras dengan program Kampus Merdeka, dimana memberikan kesempatan kepada dosen dan mahasiswa untuk berkegiatan di luar Perguruan Tinggi. 

“Kalau mahasiswa juga ikut diterjunkan, maka akan banyak inovasi yang akan diciptakan. Bayangkan jika mereka bisa ikut mencegah bayi stunting, mendesain ulang SWK dengan suasana baru, membangkitkan potensi wisata Jalan Tunjungan dan masih banyak yang lainnya,” terang dia. 

Baca Juga: Unair Terima 1.895 Calon Maba di Jalur SNBP, Rektor Ingatkan Daftar Ulang

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Kota Surabaya itu berharap, ke depan akan banyak kegiatan-kegiatan di perguruan tinggi yang nantinya bisa diprioritaskan untuk Kota Surabaya. Seperti halnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bisa difokuskan untuk beberapa wilayah di Kota Surabaya. 

“Surabaya ini juga masih ada yang perlu diperbaiki, harapan saya KKN nanti juga bisa dilakukan di Surabaya. Maka akan banyak wilayah yang bisa kita kembangkan potensinya. Semoga desain planing kami ini, bisa segera dieksekusi,” pungkasnya.sb2/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU