Pelindo III Beri Stimulus 662 Juta ke 11 UMKM Surabaya

Pelindo III terus menstimulus bantuan dana bagi pelaku UMKM di Surabaya. SP/ Sem

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III terus berupaya membatu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Salah satu upayanya adalah dengan memberikan stimulus bantuan dana sebesar Rp 662 juta kepada 11 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Surabaya.

"Pelindo III merupakan bagian dari negara wajib turut membantu pemerintah mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat, salah satunya yang kami lakukan adalah upaya bantuan pada UMKM melalui program pembiayaan dan TJSL kepada para UMKM di wilayah kerja kami khususnya Surabaya," kata Edi Priyanto, Rabu (23/06/2021).

Terkait pemberian bantuan kepada UMKM, beberapa tahun belakangan ini Pelindo III telah menggelontorkan dana sebesar Rp 18,4 miliar untuk membantu pembiayaan 159 UMKM yang ada di Surabaya.

"Pelindo III berharap upaya tersebut bisa membantu masyarakat keluar dari kondisi krisis dampak dari pandemi Covid-19 yang masih berjalan," katanya.

Terkait pembiayaan UMKM, Pelindo III memiliki 2 program unggulan yang selama ini dilakukan. Pertama adalah program pendanaan UMKM melalui pembiayaan dan pembinaan usaha mikro.

Hingga saat ini, Pelindo III telah membina sekitar 5 kampung binaan yang berfokus pada UMKM. Diantaranya adalah Kampung Lawas Maspati, Kampung Simo Kalangan, Kampung Kefir, Kampung Markisa, serta Kampung Warna Warni Tambak Sarioso.

Program kedua adalah program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Program ini dikelola secara berkelanjutan melalui 4 pilar yaitu sosial, lingkungan ekonomi dan hukum dan tata kelola.

"Sudah menjadi kewajiban kami sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendukung kegitan masyarakat terutama yang berada di lini satu kegiatan operasional kami, sehingga ke depan akan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat luas," pungkasnya. Sem