Pasien Covid-19 Nol, RS PHC Surabaya Tetap Sediakan 18 Bed di Ruang Isolasi Khusus

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Nov 2021 15:22 WIB

Pasien Covid-19 Nol, RS PHC Surabaya Tetap Sediakan 18 Bed di Ruang Isolasi Khusus

i

Pemeriksaan covid-19 di RS PHC Surabaya.SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Kasus covid-19 di beberapa rumah di Surabaya kian menurun. Salah satunya yang terjadi di Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (RS PHC). Hingga hari ini, pasien covid-19 masih berada di angka nol (0).

 Humas RS PHC Surabaya Irvan Prayogo saat dihubungi menyampaikan, kondisi nol pasien tersebut terjadi sejak tanggal 31 Oktober 2021 lalu. Kendati nol pasien, pihak PHC tetap melakukan langkah antisipasi dengan menyediakan ruang isolasi khusus (RIK) bagi pasien covid-19.

Baca Juga: Belajar Istilah Kesehatan dari YouTube, Incar jadi Dokter First Aid

 "Khusus untuk RIK saat ini yang disiapkan sebanyak 18 Bed," kata Irvan kepada Surabaya Pagi, Selasa (16/11/2021).

 RIK untuk merawat pasien Covid-19 kata Irvan, terpisah atau beda gedung dengan ruang Rawat Inap Pasien Umum. Tujuannya adalah untuk menjaga agar pasien umum tetap nyaman dan aman tatkala mendapatkan perawatan di RS PHC.

 "Dengan adanya clusterisasi, pemisahan alur pelayanan pasien reguler dan covid hingga vaksinasi dosis ketiga bagi Nakes RS PHC Surabaya, kami berharap cross infection dapat diminimalisir," katanya

Baca Juga: Selama 2 Tahun, Dokter RS PHC Dikelabui Pria Tamatan SMA

 "Sehingga mutu pelayanan kesehatan yang diberikan untuk semua pasien dapat berjalan optimal," ucapnya lagi.

 Adapun faktor turunnya pasien covid-19, disebabkan oleh beberapa hal. Selain karena kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan (prokes), tingginya vaksinasi covid-19 baik dosis 1 dan dosis 2 juga menjadi faktor pendukung lainnya.

 Data dari Dinas Kesehatan Surabaya per 11 Oktober 2021 lalu, jumlah capaian vaksinasi untuk dosis pertama telah menyentuh angka 110 persen. Sementara untuk dosis kedua di angka 75 persen.

Baca Juga: Jelang MPLS 2023, SMP Tenggilis Jaya Surabaya Hanya Punya 1 Siswa

 Sementara itu, bila merujuk pada data Surabaya Lawan Covid-19, per 14 November 2021 kemarin, jumlah pasien yang dirawat saat ini sebanyak 7 orang. Ditambah Lagi, 154 kelurahan dari 31 kecamatan di Kota Surabaya saat ini berstatus zona hijau Covid-19.sem

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU