Menparekraf Sumbang Pompa Air untuk Konservasi Tukik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 17 Okt 2021 18:36 WIB

Menparekraf Sumbang Pompa Air untuk Konservasi Tukik

i

Rombongan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melepaskan tukik di Pantai Serang Blitar.

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Desa Wisata Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Sabtu (16/10/2021).

Setelah melihat konservasi tukik atau penyu di desa tersebut, Sandiaga menghadiahkan mesin pompa air sekaligus toren air untuk konservasi penyu atau tukik. Selain, tentu saja, sebagai salah satu upaya keberlangsungan atau pelestarian ekosistem laut.

Baca Juga: TKP2MO Kota Blitar Sidak Mamin Jelang Lebaran

Dengan toren air, masyarakat tidak lagi harus bolak-balik mengisi bak dengan ember atau gayung. “Pompa ini diharapkan bisa membantu untuk konservasi tukik, jadi tidak perlu ditimba lagi dengan ember atau gayung,” katanya.

Sandi menegaskan, dia mendapatkan informasi kalau pelepasan tukik atau penyu selain sebagai pelestarian ekosistem laut dimanfaatkan juga bagi masyarakat untuk menarik wisatawan dalam paket wisata di desa Serang.

Hal tersebut adalah suatu hal yang sangat kreatif. “Jadi apapun potensinya manfaatkan dengan baik sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat semuanya,” tukasnya.

Baca Juga: Ratusan Warga Rela Antre untuk Beli Beras Murah

Pengelola Desa Serang mengungkapkan, konservasi tukik yang dilakukan oleh warga desanya masih sangat sederhana. Pasalnya, hingga saat ini belum ada bantuan dari pemerintah. “Kami menjalankan konservasi ini dengan dana swadaya kami sendiri,” katanya.

Dia mengakui, sejauh ini walaupun masih kurang dukungan dalam hal pembinaan dan sarana prasarana karena selama ini pengisian air laut untuk tukik masih menggunakan ember dan gayung.

Walaupun begitu, masyarakat tetap melakukan konservasi tukik guna pelestarian ekosistem laut.

Baca Juga: Misteri Ledakan 3 Kali di Blitar, Bukan dari Warung yang Terbakar di Serut

Di akhir kunjungan, Mas Menteri diberi kesempatan untuk melepaskan tukik atau bayi penyu ke lepas pantai Serang, Blitar, Jawa Timur.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU