Libur Lebaran, 841 Tempat Wisata di Jawa Timur Dibuka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 09 Mei 2021 15:01 WIB

Libur Lebaran, 841 Tempat Wisata di Jawa Timur Dibuka

i

Pengunjung memasuki Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur. SP/KBSSBY

SURABAYAPAGI,Surabaya – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sengaja membuka tempat wisata saat libur Lebaran 2021 nanti. Nantinya ada 841 tempat wisata di Jawa Timur dibuka di libur Lebaran 2021 demi meningkatkan ekonomi. Pengelola tempat wisata maupun wisatawan memiliki syarat yang harus dipenuhi, mereka harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Dengan rincian ada 325 destinasi wisata alam, 152 destinasi wisata budaya, 319 destinasi wisata buatan dan 45 desa wisata. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Sinarta menyarankan masyarakat untuk staycation, atau pun berwisata di dalam lokal daerah masing-masing.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Ajak Kembali Semangat Bekerja dan Maksimalkan Pelayanan untuk Masyarakat

"Kami sudah melakukan pendataan, pengarahan dan tentunya pengawasan untuk destinasi yang tetap buka di libur lebaran. Setidaknynya ada 841 destinasi wisata yang sudah dilaporkan ke kami akan membuka destinasi wisatanya," kata Sinarta, Sabtu (8/5/2021).

Sinarta menjelaskan, sesuai arahan pemerintah, kegiatan mudik. Namun, wisata untuk menggerakkan perekonomian diperbolehkan.Karenanya perjalanan orang diizinkan untuk di dalam kawasannya sendiri maupun alam satu rayon. Maka Sinarta menyarankan agar masyarakat selain staycation, juga memilih dan menerapkan berwisata yang aman protokol kesehatan

"Artinya, kalau ke tempat wisata lokal di wilayahnya sendiri-sendiri, pilih yang sekiranya bisa menjaga jarak.Tidak hanya itu, Sinarta juga menyebutkan bahwa ada banyak pilihan desa wisata yang bisa dipilih untuk staycation. Selain murah, berwisata lokal menurutnya akan lebih terjaga keamanannya dari penularan covid-19.

Baca Juga: Waspadai! Sindrom Pasca Liburan, Post Holiday

Berdasarkan data Disbubpar Jatim, sejumlah destinasi wisata yang tetap buka di libur lebaran misalnya di Kota Surabaya ada Kenjeran Park, Taman Wisata Mangrove Wonorejo, Hutan Kota Pakal, Surabaya North Quay, Kebun Binatang Surabaya. Kemudian untuk Malang Raya ada Jatim Park, Eco Green Park, Paralayang Gunung Banyak, BNS, Jatim Park 3, Kampung 1000 Topeng. Transtudio Mini Malang dan banyak lagi.

Sedangkan untuk daerah lain yang juga buka destinasi wisatanya adalah Magetan Green Garden, Telaga Sarangan, Telaga Ngebel, Air Terjun Slampir, Pantai Klayar, Gua Gong, Pantai Prigi dan lain-lain.

Baca Juga: Pantai Watu Pecak, Jadi Destinasi Favorit saat Libur Lebaran

Disampaikan Sinarta bahwa kondisi pandemi covid-19 memang membawa banyak dampak di sektor ekonomi dan pariwisata. Oleh sebab itu, membuka destinasi wisata memang digalakkan pemerintah untuk menumbuhkan geliat ekonomi daerah.

"Maka berwisatalah tidak apa-apa asalkan protokol kesehatan ditegakkan, staycation lebih disarankan. Pemerintah menggalakkan yang namanya Jatim Bangkit, maka ini adalah salah satu bentuknya," pungkas Sinarta.sr/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU