Klaim Meningkatkan Mutu Pendidikan, Guru di Lamongan Gelar Seminar

Bupati Yes saat menyerahkan plakat ke narasumber dalam seminar pendidikan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Diklaim untuk meningkatkan mutu pendidikan, guru di Lamongan melalui Dinas Pendidikan, Rabu (23/6/2021) menggelar Seminar Mutu Pendidik dan Pendidikan di Era Abad ke -21, di Ruang Gadjah Mada Lantai 7 Gedung Pemkab setempat. 

Seminar yang menghadirkan wakil Rektor Universitas Negeri Surabaya Bidang Umum dan Keuangan, Suprapto terselenggara atas kerjasama Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya dengan Dinas Pendidikan tersebut, diharapkan bisa membantu dunia pendidikan, salah satunya meningkatkan mutu. 

“Seminar yang bertujuan untuk meningkatkatkan mutu pendidik dan pendidikan seperti ini harus sering-sering dilakukan. Pemkab pasti akan memfasilitasi,” kata bupati Yuhronur Efendi dalam sambutanya.

Disebutkan olehnya, seminar ini juga sesuai visi misi Kabupaten Lamongan dalam bidang pendidikan yang berkualitas dan gratis. “Pendidikan yang berkualitas harus didukung para pendidik yang berkualitas," kata pria yang biasa dipanggil Pak Yes ini menegaskan. 

Ia lalu menyebutkan, seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lamongan dari tahun ke tahun yang terus mengalami kemajuan. Pada tahun 2019 saja, IPM Lamongan telah mencapai 72,57. "Angka itu tidak akan terwujud tanpa dukungan insan-insan yang berkualitas. Pendidikan gratis yang menjadi prioritas adalah pendidikan dasar," terangnya.

WhatsApp_Image_2021-06-23_at_10.46.23

Mengakhiri sambutannya, Bupati Yes berharap kerjasama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan dan Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya dapat meningkatkan kualitas pendidik, tenaga kependidikan dan pendidikan di Lamongan. 

“Anak yang lahir setelah tahun 2010 adalah anak generasi alpha yang lahir di dunia serba digital. tentu pembelajaran pada anak-anak digital ini membutuhkan metode dan media di mana mereka biasa hidup," pintanya.

 Harapannya pendidik harus dapat berinovasi dan adaptif dengan keadaan, maka dengan adanya kerja sama ini saya mendukung sepenuhnya untuk peningkatan kualitas pendidik di Lamongan.”harapnya.

 Sementara itu, seminar ini diikuti secara langsung oleh 60 orang Kepala Sekolah SMP se Kabupaten Lamongan dan tidak kurang dari 2.900 pendidik tingkat paud hingga SMP mengikuti secara live streaming dengan aplikasi zoom meeting.jir