Kenali dan Cegah Gejala Covid-19 Pada Kesehatan Mata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 01 Agu 2021 09:41 WIB

Kenali dan Cegah Gejala Covid-19 Pada Kesehatan Mata

i

Gejala mata kering dan merah karena Covid-19. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Seseorang dengan Covid-19 biasanya akan mengalami berbagai gejala. Para ahli mempelajari bahwa ada beberapa gejala yang kurang umum terkait Covid-19, yakni mengalami konjungtivitis infektif atau mata merah.

Sebuah studi tahun 2020 berjudul “Ocular Manifestations and Clinical Characteristics of Children With Laboratory-Confirmed Covid-19 in Wuhan, China” mencatat bahwa dari 216 anak dengan Covid-19, sekitar 23 persen di antaranya mengalami gejala konjungtivitis.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Studi yang dimuat dalam jurnal BMJ Open Ophthalmology menemukan sakit mata lebih umum terjadi ketika pasien mengidap Covid-19 dan sebelum tertular. Peneliti membagikan kuesioner kepada 83 responden, menanyakan seberapa sering gejala Covid-19 sakit mata terjadi.

Penelitian tersebut memaparkan bahwa gejala mata merah hanya terjadi pada 1 - 3 persen orang dewasa. Dengan demikian, mata merah muda adalah gejala yang tidak biasa, tetapi lebih mungkin terjadi pada anak-anak dengan Covid-19. Selain mata merah, Covid-19 juga dapat menyebabkan masalah mata lain yang dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti kehilangan penglihatan atau sakit mata.

Karena mata memiliki banyak pembuluh darah, mata dapat menjadi pintu masuk yang mudah bagi virus. Sebuah studi tahun 2021 berjudul “SARS-CoV-2: eye protection might be the missing key” menyoroti bahwa mata berpotensi menjadi tempat masuknya virus SARS-CoV-2.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Oleh karena itu, seseorang dapat terkena infeksi mata dengan SARS-CoV-2 jika mereka menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata mereka. SARS-CoV-2 juga mungkin masuk ke mata melalui tetesan udara setelah batuk atau bersin dari orang yang membawa virus.

Mata merah karena gejala Covid-19, diantaranya; mata kering, muncul rasa nyeri yang hebat, muncul kotoran mata dalam jumlah banyak dan pembengkakan selaput mata di sekitar kelopak

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Sedangkan ciri-ciri mata merah biasa diantaranya; mata kering, muncul kotoran mata namun tidak terlalu banyak dan tidak ada pembengkakan di sekitar kelopak mata.

Oleh karenanya penting menjaga kesehatan mata, mengutip dari The American Optometric Association menawarkan beberapa rekomendasi berikut melindungi mata, yakni menjaga mata dan memakai kacamata pelindung, seperti kacamata pengaman hindari menyentuh mata sering cuci tangan dan hindari menyentuh mata dengan tangan yang belum dicuci jaga jarak dengan orang yang batuk atau bersin menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain membersihkan dan mendesinfeksi area yang digunakan bersama, seperti sakelar lampu, gagang pintu, dan telepon hindari menggunakan lensa kontak saat sakit bersihkan kacamata dengan desinfektan yang direkomendasikan ahli kesehatan. Dsy2

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU