Kementan Dorong Pertanian Hortikultura Bawang Merah Glowing

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 22 Jun 2021 09:02 WIB

Kementan Dorong Pertanian Hortikultura Bawang Merah Glowing

i

Petani saat panen bawang merah Glowing (Gede, Lebih Original dan Berwawasan Lingkungan) semi organic. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Di tahun 2021 ini, Kementerian Pertanian (Kementan) sukses dalam menjaga produksi bawang merah nasional dan akan mendorong pengembangan bawang merah Glowing (Gede, Lebih Original dan Berwawasan Lingkungan) semi organik yang ada di Nawungan, Selopamioro, Imogiri, Bantul-Yogyakarta. Hal itu dilakukan untuk mendorong sistem pertanian hortikultura yang ramah lingkungan di Tanah Air.

Bawang merah Glowing asal Bantul ini memiliki ukuran yang lebih besar, dengan warna merah bening sehingga sangat menarik jika dibandingkan dengan bawang merah yang lain. Selain itu, produtivitas bawang merah budidaya semi organik ini mencapai 13 - 15 Ton/ha, dengan kisaran harga saat ini yaitu Rp 18 ribu- Rp 25 ribu per kg.

Baca Juga: Tekan Kebijakan Impor: Mentan Siapkan Bantuan Benih, Pupuk hingga Alsintan ke Para Petani

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul Yus Warseno juga menuturkan bahwa bawang merah glowing ini lebih orisinil. Pasalnya, bawang merah glowing asal Bantul ini memiliki ukuran yang lebih besar, dengan warna merah bening sehingga sangat menarik jika dibandingkan dengan bawang merah yang lain.

"Bawang merah Glowing ini dibudidayakan menggunakan pupuk organik yang tinggi dan pengendalian OPT dengan pengendalian hayati secara maksimal. Ini murni kita kembangkan berbasis kearifan lokal karena dibudidayakan berwawasan lingkungan, jadi saya rasa sejalan dengan program Gedor Horti (Gerakan Mendorong Produksi, Meningkatkan Daya Saing dan Ramah Lingkungan Hortikultura) dan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks)," tuturnya, Selasa (22/6/2021).

Baca Juga: Kementan Bakal Optimalkan 20% Pemanfaatan Rawa untuk Produksi Beras Nasional

Selain ukurannya yang lebih besar dan warnanya yang merah terang, bawang merah glowing juga memiliki cita rasa yang sedap, wangi lebih menyengat, lebih tahan simpan dan tentunya harganya lebih tinggi dibandingkan bawang merah yang lain.

Ketua Kelompok tani Pasir Makmur Sumarno juga tak menampik jika petani di daerahnya sangat membanggakan bawang merah Glowing, sebab ini akan menjadi brand bawang merah petani Imogiri Bantul. Di lain sisi Sumarno juga mengapresiasi Tim Kementan yang selalu hadir membersamai petani.

Baca Juga: Awal 2024 Alokasi Jatah Pupuk Subsidi Menyusut, Para Petani Ketar-ketir

"Bawang merah Glowing akan menjadi ciri khas, saya melihat teman-teman saya begitu bersamangat menanam, apalagi kalau nanti si Glowing ini jadi dikembangkan dalam bentuk food estate seperti yang saya lihat di berita, jadi harapan saya semoga terwujud. Terimakasih Pak Mentan, Pak Dirjen Horti telah memperhatikan petani Bantul, kami harap beliau datang saat panen bawang merah glowing nantinya," pungkasnya. Dsy1

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU