Kehadiran Public Affairs Consultant Indonesia Bantu Tingkatkan Bisnis

Public affairs dapat didefinisikan sebagai masalah yang timbul dari hubungan public dengan organisasi seperti badan pemerintah atau lembaga keuangan. Pembuat undang-undang dan pejabat membuat keputusan yang mempengaruhi bisnis swasta setiap hari. Public affairs consultant Indonesia berusaha membentuk opini public dan bisa mempengaruhi tindakan atau keputusan pemerintah dengan cara yang membantu kepentingan klien.

Public affairs lebih dari sekadar mengadvokasi produk atau membantu klien untuk mendapatkan pangsa pasar. Selama dua dekade terakhir, perusahaan, asosiasi perdagangan dan organisasi advokasi telah meningkatkan keterlibatan dalam kampanye public affairs.

Apa itu Public Affairs?

Public affairs adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hubungan organisasi dengan stakeholders. Ini adalah individu atau kelompok yang berkepentingan dengan urusan organisasi seperti pegawai negeri, pelanggan, komunitas local, pemegang saham, think tank, kelompok bisnis, serikat pekerja dan media.

Public affairs konsultan biasanya melibatkan stakeholders untuk menjelaskan kebijakan organisasi dan pandangan tentang masalah kebijakan public, membantu pembuatan kebijakan dan legislator dalam mengubah atau menetapkan kebijakan dan undang-undang yang lebih baik. Mereka biasanya memberikan informasi statistic dan faktual serta lobi tentang isu-isu yang bisa berpengaruh pada kemampuan organisasi untuk sukses beroperasi.

Tujuan Kerja Public Affairs Consultant Indonesia

Public affairs memiliki beberapa tujuan antara lain:

1.      Mengembangkan dan Membangun Hubungan

Public affairs memainkan peran yang mirip dengan public relation namun fungsi utamanya berhubungan dengan membantu organisasi berinteraksi dengan pemerintah, masyarakat, pembuat undang-undang dan media pada umumnya. Model komunikasi yang digunakan adalah melibatkan stakeholders untuk menjelaskan kebijakan organisasi dan pandangan tentang masalah public.

2.      Membujuk Legislator

Konsultan public affair bertindak sebagai pelobi untuk membujuk legislator mendukung bisnis atau tujuan tertentu. Tindakan melobi para advokat bertujuan mempengaruhi undang-undang. Ini bisa dilakukan dengan meminta individu terkenal mendukung RUU tertentu tentang masalah sosial. Bagian lain dari lobi adalah advokasi yang lebih berhubungan dengan mempromosikan suatu tujuan dengan menyebarkan pesan yang bias terhadap kebijakan atau inisiatif tertentu tanpa mendapatkan layanan dari individu terpilih atau terkemuka atau penggunaan undang-undang.

3.      Sebagai Opini Leader

Pemimpin opini berperan penting dalam public affairs. Ini biasanya orang-orang terkenal seperti akademisi, jurnalis, politisi, pemimpin bisnis dan pemimpin masyarakat yang memiliki kapasitas untuk mempengaruhi opini public pada suatu kebijakan atau undang-undang. Pemimpin opini biasanya memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan mengalihkan atau mengubah kebijakan.

Biasanya, mereka memiliki pengetahuan yang luas dan sangat disegani di bidangnya dengan perspektif yang membawa popularitas ke dalam komunitas. Yang dibicarakan atau dirasakan oleh para pemimpin opini memiliki kekuatan untuk membentuk opini tentang berbagai hal.

Ketika PR agency Jakarta berperan penting dalam bisnis dan pemerintahan, maka PA sangat penting untuk menangani hal-hal yang berhubungan dengan public secara langsung, administrasi public serta kebijakan yang mempengaruhi komunitas dan masyarakat luas.

Tugas Umum Public Affairs

No

Tugas Public Affairs

1

Menjalin kontak rutin dengan politisi, penasehat politik, pegawai negeri, badan public atau legislator untuk memberikan informasi tentang pekerjaan organisasi/perusahaan

2

Mengatur atau menghadiri pertemuan rutin dengan stakeholder, mewakili organisasi mereka dan menjalin kontak dengan pembuat keputusan

3

Melaporkan kembali kepada rekan kerja tentang isi pertemuan tersebut dan mengatur pengiriman tindak lanjut

4

Menulis atau mengedit kiriman ke konsultan pemerintah atau pembuat undang-undang

5

Menyimpan press release dan membangun hubungan dengan kontak media

6

Melakukan proofread dan melakukan rewrite terhadap pernyataan media

 

Perbedaan Antara Public Affairs dengan Public Relations

Salah satu hal yang kerap disalahpahami adalah public affairs sama dengan public relation. Meskipun memiliki kesamaan yaitu melibatkan interaksi dengan public namun keduanya berbeda karena public affairs melibatkan hal-hal yang secara langsung mempengaruhi public seperti undang-undang. Sedangkan PR membangun hubungan antara masyarakat dengan organisasi tertentu. Public affairs cenderung fokus pada kebijakan public sedangkan public relation lebih banyak berhubungan dengan tujuan komersial. Inilah perbedaan utama antara keduanya.

Dengan public relations yang sebagian besar fokus pada pemasaran dan peningkatan citra perusahaan, maka strateginya berbeda dengan yang ditemukan dalam kampanye public affairs. Dalam hubungan public relations, anda bisa menggunakan beberapa strategi antara lain:

1. Menyusun press release

2. Mengirimkan penawaran kepada wartawan

3. Menjangkau kontak media

4. Strategi media sosial

5. Membuat konten

6. Meluncurkan kampanye PR

7. Menuliskan pidato

Layanan public affairs digunakan oleh perusahaan untuk membantu menyelaraskan kepentingan bisnis dengan kebijakan public.

Beberapa strategi yang digunakan untuk mencapai hal tersebut antara lain:

1. Melobi dan menentang undang-undang atau peraturan di tingkat local atau pusat

2. Membangun kontak dan memelihara hubungan yang berkelanjutan dengan politisi, penasehat politik atau pembuat undang-undang

3. Menjaga hubungan yang kuat dengan stakeholder perusahaan

4. Memantau proses kebijakan yang berhubungan dengan suatu industry

5. Memanfaatkan kekuatan kata-kata untuk mempengaruhi kebijakan public

6. Membangun koalisi

7. Analisis data

8. Mobilisasi akar rumput

9. Jajak pendapat public

Public affairs dan public relation bisa menggunakan media untuk membantu tujuan mereka sehingga menjangkau wartawan dan media untuk membentuk hubungan adalah strategi yang ditemukan di kedua bidang tersebut. Kadang, anda mungkin menggunakan strategi public relations dengan public affairs atau sebaliknya.

FAQ

Apa saja yang dimaksud dengan public affairs?

-Public affairs didefinisikan sebagai upaya yang dilakukan oleh organisasi untuk melacak, melibatkan dan mengatur proses bisnis eksternal mereka. Bersifat interdisipliner, menggabungkan strategi dari industry mulai dari pemerintah, komunikasi dan tanggung jawab sosial.

Mengapa perusahaan membutuhkan public affairs?

-Strategi public affairs yaitu membangun hubungan yang penting dengan pemerintah dan pemberi pengaruh yang lain – sangat penting untuk organisasi yang ingin mempengaruhi pembuat keputusan public. Banyak bisnis dan organisasi yang masih ragu untuk berinvestasi di bidang komunikasi yang sangat khusus.

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers, penyedia jasa pembuatan website terbaik untuk bisnis anda.