Kalah Aja, Portugal Tetap Lolos...

Cristiano Ronaldo saat bertemu dengan Prancis di final UEFA Nations League pada tahun 2020 lalu. Pada saat itu, Portugal mengalahkan Prancis. SP/Gettyimages/Pool

SURABAYAPAGI.COM, Budapest - Portugal vs Prancis bakal jadi big match seru Piala Eropa 2020. Bukan cuma laga ulangan final, tapi ada dari mereka yang berkawan akan saling melawan. Portugal vs Prancis bakal tersaji di Stadion Puskas, Budapest, Hungaria pada Kamis (24/6/2021) dinihari pukul 02.00 WIB. Laga di Grup F Euro 2020 tersebut tentu bakal berlangsung panas. Meski begitu, Portugal kalah saja dari Prancis, mereka tetap lolos.

Prancis memang lebih adem ayem berada di puncak grup dengan empat poin. Portugal di nomor ketiga dengan tiga poin (di bawahnya Jerman). Keduanya bakal tampil habis-habisan, sebab laga itu akan sarat gengsi. Prancis tentu mau membalas dendam, setelah dikalahkan Portugal pada final Euro 2016 lalu. Tim Ayam Jantan takluk 0-1.

Selanjutnya, Prancis mengobati luka dengan menjuarai Piala Dunia 2018. Portugal lalu melanjutkan capaian manis dengan UEFA Nations League di tahun 2019. Berjalannya waktu, kini susunan pemain di skuad Portugal dan Prancis rupanya tak sedikit yang bermain di klub yang sama. Paling hits, adalah Bruno Fernandes dan Paul Pogba.

Kedua nama itu sama-sama memperkuat Manchester United dan menjadi pilihan di skuad utama. Keduanya bahu-membahu di lini tengah.

Paul Pogba lebih berperan menjaga keseimbangan. Sedangkan Bruno Fernandes bergerak lebih ke depan, untuk menjadi pemecah kebuntuan. Maka bakal seru, melihat Fernandes vs Pogba kini saling adu sikut.

Kemudian, Cristiano Ronaldo bintangnya Portugal bakal menghadapi kawannya di Juventus, Adrien Rabiot di pihak Prancis. Bersama Si Nyonya Tua, Ronaldo adalah juru gedor. Kalau Rabiot, merupakan gelandang tengah yang juga menyuplai si kulit bundar ke CR7.

Lalu, ada koneksi Real Madrid dalam laga Portugal vs Prancis di Piala Eropa 2020 ini. Mereka adalah Pepe dan Cristiano Ronaldo vs Karim Benzema. Dua nama pertama sudah cabut dari Real Madrid, tinggal Benzema seorang. Ketiganya sama-sama pernah bekerja bareng dan mempersembahkan trofi buat Los Blancos.

Malah Karim Benzema, merupakan tukang assist-nya Ronaldo. Pun sepeninggalan Ronaldo ke Juventus, Benzema mampu melejit jadi lumbung gol yang subur.

 

Portugal Tetap Lolos

Sementara itu, bila saja Portugal kalah dari Prancis. Cristiano Ronaldo dkk ini tetap lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Asalkan Jerman mengalahkan Hungaria.

Syaratnya, Portugal tidak diizinkan kalah telak dari Prancis. Portugal hanya diizinkan kalah dengan selisih satu bola, entah itu 0-1, 1-2, 2-3 dan seterusnya. Jika kalah dengan skor tersebut, selisih gol Portugal adalah 0.

Hal itu sudah lebih baik ketimbang Finlandia dan Ukraina yang menempati posisi tiga di Grup B dan C. Sekadar informasi, Finlandia menutup Grup B dengan koleksi tiga angka, namun dengan selisih gol -2.

Meski begitu, Portugal ingin menjaga harga diri mereka yang notabene juara bertahan Piala Eropa. Karena itu, kemenangan tetap dibidik skuad asuhan Fernando Santos di laga kontra Prancis yang merupakan jawara Piala Dunia 2018. ap/erk/rm