Jumlah Gol Romelu Lukaku Samai Klasemen Top Skor CR7

Romelu Lukaku. SP/ Reuters

SURABAYAPAGI, Surabaya - Kemenangan Belgia atas Finlandia tak lepas dari kiprah striker Timnas Belgia Romelu Lukaku yang menyumbang gol dalam kemenangan 2-0 atas Finlandia. Ia juga berhasil menyamai jumlah gol Cristiano Ronaldo di daftar klasemen top skor Euro 2020 (Euro 2021), Selasa (22/6/2021).

Pada babak pertama, Belgia tampil sangat mendominasi dengan persentase penguasaan bola mencapai 60 persen.

Dua gol kemenangan Belgia tersebut tercipta dari satu gol Lukaku pada menit ke-81, Romelu Lukaku sukses mencetak gol untuk menggandakan keunggulan Belgia. Menerima umpan terobosan Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku berhasil memperdaya Lukas Hradecky dengan tembakan kaki kanannya.

Sedangkan gol kedua berasal dari gol bunuh diri pemain lawan Lukas Hradecky yang melakukan own goal. Gol bunuh diri itu berawal dari sepak pojok yang mampu diteruskan oleh Thomas Vermaelen. Sundulan Vermaelen sayangnya mengenai tiang gawang.

Namun, bola yang mengarah kepada Hradecky justru berubah arah masuk ke gawang karena mengenai tangan kiper tersebut.

Striker Inter Milan itu sebenarnya bisa mencetak dua gol di laga ini jika wasit tidak membatalkan golnya di menit ke-65. Wasit menganulir gol tersebut karena Lukaku lebih dulu berada di posisi offside.

Tambahan satu gol di timnas Belgia membuat Lukaku kini sejajar dengan Ronaldo di puncak daftar pencetak gol terbanyak pada Piala Eropa edisi kali ini. Keduanya kini sama-sama mengoleksi tiga gol.

Selain itu, gelandang Belanda Georgino Wijnaldum striker Ceko Patrik Schick juga sama-sama sudah mengemas tiga gol.

Perburuan gelar top skor Euro 2020 masih terbuka lebar bagi para penyerang top dunia. Beberapa nama populer masih berpeluang menambah gol karena masing-masing masih bermain di babak 16 besar.

Kemenangan tersebut membuat Belgia lolos ke babak 16 Besar Euro 2020 dengan status juara Grup B usai mengoleksi 9 poin hasil dari tiga kemenangan. Lukaku dan kawan-kawan melaju ditemani Denmark yang melaju dari jalur runner-up.

Di sisi lain, kekalahan dari Belgia membuat Finlandia tidak beranjak dari peringkat ketiga klasemen Grup B. Finlandia kini harus menunggu sampai seluruh pertandingan fase grup Euro 2020 selesai untuk melihat klasemen peringkat ketiga terbaik. Dsy7