Jenis-Jenis dan Manfaat Sepatu Safety

Sepatu kerja

SURABAYAPAGI,Surabaya - Alat keselamatan kerja adalah alat yang wajib digunakan oleh setiap pekerja lapangan dengan kondisi medan yang berbahaya  sebagai bagian dari alat pelindung diri. Salah satu alat keselamatan yang harus digunakan pekerja adalah sepatu safety. Sayangnya, tidak banyak perusahaan atau karyawan yang memperhatikan hal ini. Kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Membekali diri dengan alat keselamatan kerja akan melindungi diri dari berbagai ancaman yang berbahaya dan setiap saat bisa terjadi. 

Alat keselamatan kerja wajib digunakan untuk melindungi diri dari bahaya-bahaya yang mengancam para pegawai. Oleh karena itu, perusahaan ataupun para pekerja itu sendiri sebaiknya lebih memperhatikan yang namanya keselamatan kerja. Penggunaan sepatu keselamatan kerja  sangat dianjurkan, bahkan badan keselamatan kerja dunia mewajibkan para pegawai menggunakan sepatu safety untuk melindungi diri dari bahaya ketika bekerja. 

Manfaat Sepatu Safety 

1. Pencegahan Tergelincir dan Jatuh 

Terpeleset, tersandung atau jatuh yang mendadak adalah indisiden yang tidak diinginkan yang bisa terjadi di tempat kerja manapun yang mengakibatkan banyak kecelakaan setiap tahun. Banyak bisnis yang bisa mengambil langkah seperti merumuskan langkah-langkah tata graha yang ketat dan memasang pita lantai anti selip untuk mengurangi resiko secara drastic yang ditimbulkan oleh kecelakaan ini. 

Tetapi tidak ada alternative untuk sepatu keselamatan yang tepat yang memberikan perlindungan tambahan terhadap jatuh, tersandung dan terpeleset. Sepatu dengan jumlah traksi yang baik bisa mengurangi gesekan dan membantu mencegah pegawai jatuh di lingkungan yang licin. 

Sepatu juga membantu mencegah jatuh dari tangga yang biasa terjadi terutama ketika orang tidak menggunakan sepatu dengan tapak yang tepat di atasnya. Ada beberapa brand terkenal yang menawarkan harga bagus untuk sepatu keselamatan yang bisa diandalkan dan dipelajari. 

2. Perlindungan terhadap Luka Bakar 

Luka bakar yang berbahaya dari kebakaran industri bisa terjadi di hampir pada semua tempat kerja. Demikian juga luka bakar dari bahan kimia dan bahan seperti semen dan sebagainya. Sepatu keselamatan yang terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama bisa mencegah luka bakar yang tidak diinginkan dari percikan bahan kimia, percikan logam dan zat berbahaya lain yang bisa melukai kulit pada kaki/tangan atau bagian tubuh yang lainnya. 

3. Menjaga Kaki Tetap Hangat di Cuaca Ekstrem 

Pada berbagai tempat, cuaca dingin yang keras bisa menyebabkan seperti hipotermia dan bahaya ini tidak boleh diabaikan. Karyawan yang bekerja di luar ruangan selama musim dingin beresiko serta karyawan yang bekerja pada lingkungan dengan pendingin udara. Menjaga kaki agar tetap hangat dan nyaman dalam hubungannya dengan tindakan lain sangat relevan di tempat kerja. 

4. Tahan Terhadap Kelelahan 

Kelelahan juga bisa menjadi masalah utama yang mengganggu bagi pekerja yang berdiri sepanjang hari khususnya pada permukaan yang keras seperti beton. Otot-otot yang ada pada kaki, tungkai, punggung dan bagian tubuh penting lainnya bisa menjadi lelah khususnya jika karyawan tidak menggunakan alas kaki yang sesuai. Sepatu keselamatan reflektif memberikan bantalan yang nyaman untuk pergelangan kaki dan dukungan lengkungan seimbang yang bisa membuat orang menjadi lebih nyaman mengurangi ketegangan otot yang tidak perlu sehingga karyawan tidak terlalu lelah. Aspek ini membantu mereka untuk lebih waspada pada pekerjaan mereka dan memungkinkan mereka untuk melakukan pekerjaan dengan lebih aman dan  lebih efisien. 

5. Penyelamat terhadap Bahaya Listrik 

Seperti yang kita tahu bahwa listrik menimbulkan banyak resiko di tempat kerja. Pekerja sangat rentan terhadap potensi sengatan listrik akibat konsleting dan sebagainya. Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat tersengat listrik, maka bisa dikenakan alas kaki yang terbuat dari kulit, karet atau bahan lainnya yang merupakan isolator. Tindakan pencegahan ini secara signifikan bisa mengurangi ancaman yang ditimbulkan oleh kabel telanjang, kumparan, konduktor listrik dan sebagainya. 

6. Melindungi Kaki dari Benda Panas atau Dingin 

Fungsi lain dari sepatu septi adalah melindungi kaki dari benda panas atau dingin. Suhu lapangan yang tidak menentu membuat para pekerja membutuhkan pelindung dari suhu panas atau dingin. Sepatu safety yang memiliki sifat heat resistance membuat sepatu jenis ini bisa menghangatkan dalam kondisi suhu yang dingin.

Fakta tentang Sepatu Safety

1

Pekerja berhak bekerja pada kondisi lantai kerja yang aman 

2

Kejatuhan benda ringan bisa mengakibatkan cedera kaki yang serius 

3

Sebagian besar kecelakaan kerja melibatkan terpeleset, tersandung dan jatuh 

4

Standar ASTM F2413-17 membantu melindungi pekerja dari cedera kaki 

 Jenis-Jenis  Safety Shoes Berdasarkan Modelnya 

Jika dilihat dari modelnya,  jenis sepatu keselamatan memiliki model yang beragam. Ada beberapa jenis model sepatu keselamatan. 

  • Sepatu Low Cut 

Ini adalah jenis sepatu yang pertama yaitu low cut. Jenis sepatu safety ini memiliki model cutting yang rendah dengan model panjang sepatu tidak melebihi betis kaki. Jenis sepatu safety ini memiliki desain yang sangat simple dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Jenis sepatu safety ini sering digunakan pada tempat yang tidak terlalu ekstrim misalnya di laboratorium. 

  • Middle Cut 

Jenis sepatu safety yang kedua ini adalah jenis sepatu safety middle cut. Perbedaan dengan jenis sepatu low cut yaitu jenis sepatu ini memiliki bentuk yang panjang. Jenis sepatu safety middle cut memiliki model yang lebih tinggi dari betis kaki sekalipun tidak terlalu tinggi. Kegunaan jenis sepatu safety middle cut yaitu bisa digunakan untuk para pekerja pabrik. 

  • Sepatu Boot Cut 

Jenis sepatu safety yang lain adalah jenis sepatu safety boot cut. Jenis sepatu ini memiliki desain yang cukup panjang. Jika dibandingkan dengan dua jenis sepatu di atas, jenis sepatu ini memiliki ukuran yang paling panjang. Ukuran sepatu pada jenis sepatu safety boot cut bisa mencapai lutut. Penggunaan jenis sepatu ini adalah tempat yang memiliki medan cukup ekstrim yaitu medan berlumpur dan lain sebagainya.

WhatsApp_Image_2021-10-27_at_10.20.59

Sepatu Safety

FAQ 

Apa kegunaan dari sepatu safety? 

-Safety shoes merupakan salah satu alat pelindung diri (APD) yang wajib diberikan oleh perusahaan bagi pekerjanya untuk menciptakan Kesehatan dan Keamanan Kerja (K3). Berbagai safety shoes dibuat untuk memenuhi kebutuhan pekerja sesuai dengan bidang pekerjaannya. 

Apa fungsi sepatu boot? 

-Bukan sekedar melindungi telapak kaki saja, safety shoes juga bisa mengurangi resiko kecelakaan kerja yang fatal seperti kejatuhan benda-benda berat. Safety shoes juga memiliki kemampuan yang cukup besar dalam menahan berat sehingga resiko patah tulang atau masalah lainnya bisa diminimalisir. 

*)Artikel ini dibuat oleh Core Freelancers, penyedia jasa SEO untuk bisnis anda.