Jalani Isolasi, Mason Mount dan Ben Chilwell Absen Berlaga

Mason Mount dan Ben Chilwell. SP/ Eufa

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Jelang pertandingannya melawan Timnas Ceko di Euro 2020, kali ini Timnas Inggris menemui rintangan baru dikarenakan Mason Mount dan Ben Chilwell harus menjalani isolasi usai melakukan kontak dengan Billy Gilmour yang dinyatakan positif Covid-19.

Mount dan Chilwell diragukan tampil lantaran harus mengisolasi diri selama 10 hari dan kemungkinan akan absen di babak 16 besar Euro 2020 yang akan dimulai pada Sabtu (26/6/2021) yang akan datang.

Mount sendiri merupakan bagian penting dari Timnas Inggris selama fase grup di mana ia selalu diturunkan sebagai starter dalam dua laga terakhir. Sementara Chilwell masih mengisi bangku cadangan.

Hal ini tentu menjadi kerugian bagi Inggris. Pasalnya kedua pemain tersebut dipastikan tak bisa berpartisipasi di matchday terakhir fase grup melawan Ceko, Rabu (23/6/2021) mendatang.

Aturan UEFA berbeda dengan pembatasan virus corona Liga Premier dan FA juga telah berdiskusi dengan Kesehatan Masyarakat Inggris.

Aturan Kesehatan Masyarakat Inggris menyatakan siapa pun yang pernah melakukan salah satu dari jenis kontak berikut dengan seseorang yang telah dites positif Covid-19. Kontak tatap muka termasuk batuk atau melakukan percakapan tatap muka dalam jarak satu meter.

Asosiasi Sepak bola Inggris (FA) juga telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait status Mount dan Chilwell pada Senin (21/6/2021) waktu setempat.

“Sebagai tindakan pencegahan saat ini dan dalam konsultasi dengan Kesehatan Masyarakat Inggris [PHE], Ben Chilwell dan Mason Mount diisolasi setelah interaksi dengan pemain Skotlandia Billy Gilmour pada pertandingan Jumat (19/6/2021)," tulis pernyataan FA, Selasa (22/6/2021).

"Keduanya akan dijauhkan dari pemain Inggris lainnya dan tim pendukung yang lebih luas, sambil menunggu diskusi lebih lanjut," sambung FA.

Informasi tersebut datang setelah seluruh 26 anak asuh Gareth Southgate melakukan latihan bersama. Kendati demikian, semua penggawa Timnas Inggris dinyatakan negatif setelah menjalani tes. Dsy9