Idul Adha, Pelindo III Salurkan 272 Hewan Kurban

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 20 Jul 2021 11:52 WIB

Idul Adha, Pelindo III Salurkan 272 Hewan Kurban

i

Penyaluran hewan kurban dari Pelindo III. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyalurkan 272 hewan kurban ke sejumlah masjid dan masyarakat di wilayah kerjanya tak terkecuali di Tanjung Perak Surabaya.

VP Corporate Communication Pelindo III, R. Suryo Khasabu menyampaikan, 272 hewan kurban tersebut terdiri dari 127 ekor sapi dan 145 ekor kambing.

Baca Juga: Peringati Idul Adha 1444 H, Grab Indonesia Sumbang Sapi Kurban 1 Ton dan Ratusan Kambing

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini perusahaan plat merah ini lebih memilih menyalurkan bantuan berupa hewan kurban langsung ke sejumlah Masjid yang telah ditunjuk dalam bentuk hewan hidup.

"Tujuannya agar tidak menimbulkan kerumunan dengan menggelar pemotongan dan membagikan daging langsung ke masyarakat sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19 yang kian meningkat," kata kata Suryo Khasabu, Selasa (20/07/2021).

Sebagai informasi, aturan penyembelihan hewan kurban selama Idul Adha telah diatur oleh Kementerian Agama melalui Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021. 

Baca Juga: Wisatawan di Kabupaten Mojokerto Naik 40 Persen Selama Libur Idul Adha

Dalam surat edaran tersebut, disebutkan bahwa penyembelihan hewan kurban berlangsung dalam waktu tiga hari, yakni pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah untuk menghindari kerumunan di lokasi pelaksanaan kurban.

Tak hanya itu pemotongan hewan kurban juga dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia (RPH-R). Namun, apabila terdapat keterbatasan jumlah dan kapasitas RPH-R, pemotongan hewan kurban dapat dilaksanakan di luar RPH-R dengan ketentuan: penerapan jaga jarak (social distancing), penerapan protokol kesehatan dan kebersihan bagi petugas dan pihak yang berkurban, serta penerapan kebersihan alat.

"Kami patuh dan mengikuti anjuran dari pemerintah untuk tidak menimbulkan kerumunan masyarakat oleh karenanya kami berfokus memberikan bantuan langsung hewan kurban hidup kepada masyarakat melalui tempat ibadah, kami berharap mampu memberikan kebahagiaan kepada masyarakat sekaligus mendukung upaya pemerintah memutus penyebaran Covid-19," katanya

Baca Juga: Rayakan Idul Adha 1444 H, MS GLOW Salurkan 50,000 Kilogram Kurban

Sementara itu, Ketua Panitia kurban Masjid Baitul Hakam Surabaya Sudarman, yang merupakan salah satu perwakilan penerima bantuan hewan kurban mengucapkan terimakasih atas penyaluran hewan kurban Pelindo III kepada masyarakat. Hal ini dinilai semakin mendekatkan manfaat kehadiran Pelindo III pada masyarakat, terlebih di situasi pandemi seperti ini banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Alhamdulillah tahun ini kita dapat penyaluran hewan kurban lagi, terimakasih kepada Pelindo III atas penyaluran hewan kurbannya, tentunya ini menjadi wujud nyata kehadiran Pelindo III di masyarakat tengah pandemi," katanya bersyukur.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU