Hawa Panas saat Puasa, Jangan Terlalu Lelah

dr Puspita Dyah Ardyani Dokter umum MedicElle Clinic

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Suasana panas seperti saat ini membuat tubuh kita mudah dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi tubuh kekurangan cairan. Hal ini bisa mengganggu fungsi normal tubuh.

Gejalanya antara lain mulut dan bibir kering, demam, sakit kepala, rasa haus yang sangat, lemah lesu dan tidak bertenaga.

Pertama dan yang paling penting ialah me-recharge tubuh dengan banyak mengkonsumsi air putih atau minuman elektrolit yang aman bagi tubuh.

Kemudian, istirahat cukup, tidak begadang juga akan membantu Anda mempertahankan cairan tubuh. Sehingga tidak mudah dehidrasi. Tentunya saat tubuh beristirahat dengan cukup, aktivitas esok harinya tidak akan terganggu.

Selain memenuhi cairan tubuh dan istirahat. Olahraga juga dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh serta mempertahankan kondisi tetap bugar dalam cuaca panas. Minimal berjalan saja cukup 15 menit sampai 30 menit. Jadi tak perlu olahraga berat.

Apalagi saat ini sedang dalam bulan Ramadan, bagi yang berpuasa, jaga kondisi dan aktivitas agar tidak terlalu Lelah. sem