Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Jembatan Suramadu Sepi Pengendara

Pantauan Surabaya Pagi di Jembatan Suramadu yang sepi pengendara. SP/Anggadia Muhammad 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, yang bertepatan pada, Selasa, 20 Juli 2021 penampakan Jembatan Suramadu sepi dari pengendara. Meski demikian, polisi sempat memutar balikan beberapa pengendara.

Berdasarkan pantauan Surabaya Pagi di lapangan, lajur roda dua dan empat Jembatan Suramadu arah Madura maupun menuju Surabaya terpantau sepi pengendara yang melintas.

Selain itu, terlihat beberapa water barrier yang terpasang dan petugas kepolisian di pos check point pengendalian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jembatan Suramadu.

Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Eko Adi Wibowo mengatakan, pihak kepolisian sempat memutar balikan 176 roda dua, 93 roda empat, 2 bus, dan 7 mobil barang.

Eko mengungkapkan, para pengendara tersebut diputarbalikkan lantaran diduga hendak pulang kampung atau Toron. Selain itu, mereka juga tidak memenuhi persyaratan untuk melintasi Jembatan Suramadu.

“Diduga mudik, kan kelihatan bawa barang banyak. Ada yang tidak bawa SIKM (Surat Izin Keluar Masuk),” kata Eko, kepada media.

Lebih lanjut, kata Eko, meski memasuki Hari Raya Idul Adha, arus lalu lintas di Jembatan Suramadu sama seperti hari biasanya. Pengendara yang melintas pun didominasi pedagang lokal.

“(Pedagang) tetap diperiksa, rata-rata pedagang yang punya SIKM yang mobil barang, karena warga daerah sini saja," ungkapnya.

Sementara itu, sejak berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, sebanyak ribuan pengendara telah diperiksa dan diputarbalikkan.

Total, polisi telah memeriksa 2.910 roda dua, roda empat ada 1.614, 71 bus, dan 171 mobil barang. Tak hanya itu, petugas juga telah memutar balikan 2.366 pengendara yang tidak memiliki kepentingan mendesak. ang