Harga Cabai di Jatim Mulai Merangkak Naik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 24 Nov 2021 18:48 WIB

Harga Cabai di Jatim Mulai Merangkak Naik

i

Harga cabai di berbagai pasar rakyat Jawa Timur khususnya di Surabaya fluktuatif cenderung mulai merangkak naik. SP/JKT

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Harga cabai rawit, cabai merah besar, maupun  cabai merah keriting di berbagai pasar rakyat Jawa Timur khususnya di Surabaya fluktuatif cenderung mulai merangkak naik memasuki minggu keempat di bulan November.

Rata-rata untuk cabai rawit Rp 20.500/kg. Sementara  harga cabai merah besar keriting rata-rata Rp 32.000/kg  dan cabai merah besar biasa Rp 32.000/kg. Hal ini berdasarkan data dari Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (siskaperbapo) Disperindag Jawa Timur.

Baca Juga: Mayoritas Bakul Sayur di Surabaya, Siasati Trik Tingginya Harga Cabai

Sementara itu, Ketua Paguyupan Petani Cabai Indonesia Jawa Timur, Suyono mengatakan, perubahan dan kelonggaran PPKM berdampak besar terhadap perkembangan harga cabai baik itu cabai rawit, cabai merah keriting dan cabai merah besar biasa.

“Membaiknya harga cabai karena adanya permintaan pasar induk Jakarta, ditambah pasar kalimantan dan pasar industri serta mulai banyaknya pemberli di pasar dan berdampak pada harga cabai dihulu sentra cabai juga ikut naik” ujarnya, kemarin.

Baca Juga: Harga 'Pedas' Cabai Masih Membara, Kepala Dinas Pertanian Jatim Ungkap Produksi Turun Jadi Penyebab

Sementara persediaan cabai di pasar maupun di beberapa daerah sentra dan distributor cabai di Jawa Timur masih cukup banyak. Sedangkan untuk harga cabai merah keriting, cabai merah biasa maupun cabai rawit disentra cabai di Pare Kediri cenderung ikut naik merkipun kenaikannya tipis.  

 Di sentra cabai Kepung Pare dan Plosoklaten Kediri pada, Selasa (23/11/2021) fluktuatif naik dengan harga, untuk cabai besar  varitas gada saat ini rata-rata Rp 31.000/kg dan cabai merah besar varitas imola Rp 30.000/kg serta cabai merah besar keriting rata-rata Rp 25.000/kg.

Baca Juga: Harga Cabai Masih Pedas di Awal Tahun 2024, Zulhas: Tidak Perlu Khawatir

Sedangkan harga cabai rawit merah kecil varitas ori 212 Rp 18.000/kg, cabai rawit varitas asmoro dijual dengan harga Rp 18.000 /kg, cabai rawit varita lokal Kediri Rp 17.000/kg dan cabai rawit lokal Nganjuk Rp 14.000/kg serta cabai rawit varitas gandrung Rp 17.000/kg 

“Harga cabai baik dipasar grosir dan pasar Surabaya sekitarnya fluktuatif cenderung naik, mulai longgarnya PPKM karena banyak daerah yang levelnya membaik sehingga banyak masyarakat berjatan, warkop pedagang makanan mulai buka akan berdapak pada harga cabai “ujar Suyono. kom/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU