Gubernur Jatim Takjub saat Resmikan Masjid Kampung Senilai Rp 8 Miliar

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama bupati memotong pita menandai peresmian Masjid Al Ikhlas Desa Moropelang.

SURABAYAPAGI, Lamongan - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merasa surprise dan takjub dengan keindahan dan kemegahan masjid Al Ikhlas di Desa Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, yang ia resmikan pada pada Selasa (19/10/2021).

Masjid yang dibangun sejak tahun 2012 itu kata Gubernur menjadi masjid yang bikin semua yang melihatnya langsung takjub, tak terkecuali dirinya, apalagi Masjid ini dibangun dengan biaya tidak sedikit tembus sampai Rp 8 Miliar dari hasil swadaya masyarakat desa setempat.

"Saya datang ke sini (Moropelang red), membawa beberapa Kepala Dinas diantaranya Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, dan Plt Biro Kesra, yang jelas juga bersama dananya, tapi ternyata pembangunannya sudah selesai semuanya. Ini luar biasa," tuturnya.

Apalagi kata Khofifah pembangunan Masjid ini dilakukan dengan semangat gotong royong yang luar biasa, karena didanai murni dari masyarakat setempat, dengan kepanitiaan yang cukup amanah, sehingga Masjid ini sekarang terwujud dan menjadi kebanggan masyarakat Moropelang khusus nya dan Lamongan pada umumnya.

"Kepanitiaan pembangunan Masjid Al Ikhlas ini semangat dan amanah dalam menjalankannya patut ditiru oleh masyarakat lainnya di Jawa Timur, dengan telaten mereka mampu mengumpulkan sumber dana dari masyarakat yang dibentuk melalui pengurus di tingkat RT ini saya kagum dan gembira melihat ini semua," ujar Khofifah.

Karena Masjid ini sudah terbangun begitu megah nan indah ini tambah Khofifah, ia berharap kepada Masyarakat dan Takmir Masjid bagaimana sama-sama ikut memakmurkan Masjid ini, sehingga nilai-nilai religius bisa terbangun dan Istiqomah.

"Dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim Masjid Al Ikhlas Desa Moropelang Kecamatan Babat Lamongan ini saya resmikan, semoga masjid ini membawa keberkahan bagi masyarakat dan jamaah," harapnya.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam kesempatan itu mengungkapkan rasa bangga nya juga, dengan soliditas masyarakat Moropelang yang bisa membangun Masjid fenomenal ini.

"Tentu Masjid ini tidak bisa terwujud kalau pengurus dan masyarakat nya tidak mempunyai tekad yang kuat dalam mewujudkan nya, dan Alhamdulillah dengan semangat yang kuat itu Masjid megah dan indah ini bisa diwujudkan, dan selanjutnya bagaimana Masjid ini di makmurkan dan jamaanya semakin banyak dan kerasan," kata bupati dalam sambutanya.

Ia berharap setelah Masjid ini diresmikan, bisa meningkatkan syiar agama di Desa ini dan Masjid ini bisa membawa keberkahan bagi jamaah dan masyarakat. Selain itu Masjid ini juga bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan, dan kegiatan positif lainnya.

"Melihat bangunan Masjid dengan halaman luas ini, bisa digunakan untuk acara akad nikah dan pre wedding pernikahan," kelakarnya. Sementara itu, Sumali ketua panitia sekaligus ketua Pembangunan Masjid Al Ikhlas menyebutkan, pembangunan Masjid ini bisa terealisasi atas dukungan masyarakat Lamongan secara swadaya dengan kurun waktu 9 tahun berjalan ini.

"Ini Masjid menghabiskan anggaran sekitar Rp 8 miliar murni swadaya masyarakat," ujarnya. Swadaya masyarakat sendiri lanjut Sumali, didapat setiap bulannya yang langsung dikoordinir oleh panitia pembangunan masjid di tingkat RT.

Masiid Al Ikhlas yang diresmikan Gubernur Jatim.

"Jadi setiap bulannya masyarakat setiap bulannya memberikan infaq dan shodaqoh untuk pembangunan masjid," ungkapnya. Diakhir sambutanya, ia mewakili masyarakat dan jamaah Masjid Al Ikhlas Moropelang menghaturkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi yang hadir bersama dengan wabupnya KH. Abd Rouf.

"Terima kasih atas kehadiran ibu gubernur dan bupati dan Wabup beserta jajarannya dalam rangka meresmikan Masjid ini, semoga yang hadir ini senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan,"harapnya.jir