Giliran Orang Istana Disuntik Vaksin Nusantara

Moeldoko saat dilakukan penyuntikan Vaksin Nusantara oleh dr Terawan Agus Putranto. SP/KSP Moeldoko

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko, orang Istana pertama yang menerima suntikan vaksin nusantara dari Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Vaksinasi menggunakan Vaksin Nusantara kepada Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko, dilakukan Jumat, (30/7/ 2021).

Proses penyuntikan kepada mantan Panglima TNI ini menarik perhatian publik. Ini karena aktivitasnya tersebut diungguh melalui akun Instagram pribadinya.

Ia mendapat suntikan Vaksin Nusantara di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

"Hari ini, saya menerima suntikan vaksin Nusantara untuk mencegah penularan Covid-19 dari Letjend (Purn.) Terawan Agus Putranto di RSPAD Gatot Soebroto," kata Moeldoko dalam akun [email protected]_moeldoko, Jumat, 30 Juli 2021.

 

Sebelumnya Sudah Divaksin

Moeldoko sendiri mengaku bahwa ia sebelumnya telah menerima dua dosis vaksin COVID-19. Namun ia menyatakan hendak menunjukkan dukungan pribadi kepada inovasi anak bangsa, sehingga bersedia disuntik Vaksin Nusantara.

"Meski sebelumnya sudah lengkap divaksin 2 kali, saya ingin mencoba Vaksin Nusantara sebagai dukungan pribadi pada kerja keras anak bangsa," lanjutnya. "Semoga dukungan saya secara pribadi ini tidak diasumsikan macam- macam."

Moeldoko mengaku telah menerima suntikan kedua Vaksin COVID- 19 pada 31 Maret 2021. Pertama ia di vaksin COVID-19 pada 3 Maret 2021.

 

Moeldoko Dukung VakNus

Vaksin Nusantara yang menggunakan metode dendritik disebut berbahan dasar dari sel darahnya sendiri. Moeldoko fahan tentang metode dendritik.

Sel tersebut diambil dari tubuh Moeldoko untuk diproses di laboratorium. Setelah itu, sel darah tersebut akan kembali disuntikkan ke dalam tubuh Moeldoko.

Moeldoko menyatakan dukungannya terhadap penggunaan Vaksin Nusantara atau vakNus. Moeldoko menyebut ia mendukung produk anak bangsa.

"Sebuah inovasi dari anak bangsa untuk berperan serta dalam mengatasi pandemi Covid-19. Biarlah saya ikut mencoba dulu sebagai dukungan pada kerja keras anak bangsa," ucapnya.

Namun Moeldoko meminta agar dukungannya tersebut tidak diasumsikan macam-macam.

Sampai akhir Juli ini sudah beberapa tokoh telah menerima vaksin tersebut. Selain Moeldoko, ada nama mantan Menkes Siti Fadilah Supari, Abu Rizal Bakrie, Gatot Nurmantyo, Hendropriyono, Anang Hermansyah, Ashanty, Dedi Mulyadi dan 40 orang anggota DPR RI. n erc, rmc