Forkopimda Sidoarjo Terjun ke Pelosok Desa Percepat Target Vaksinasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Sep 2021 09:59 WIB

Forkopimda Sidoarjo Terjun ke Pelosok Desa Percepat Target Vaksinasi

i

Jajaran Forkopimda Sidoarjo turun langsung memantau, serta menghimbau masyarakat di wilayah Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Sabtu (18/9/2021). SP/SUGENG

SURABAYAPAGI, Sidoarjo - Kendati secara penilaian Menteri Kesehatan, Kabupaten Sidoarjo sudah berada di level 1 untuk PPKM. Namun, dari aspek penilaian berdasar Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), Kabupaten Sidoarjo masih berada di level 3.

Hal tersebut dilihat dari capaian vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Sidoarjo. Saat ini vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang sudah disuntikan mencapai 46,5 persen, atau kurang 3,5 persen untuk memenuhi persyaratan 50 persen vaksin dosis pertama oleh Inmendagri. Agar PPKM dapat turun menjadi level 2.

Baca Juga: Berlakukan Retribusi di Kawasan LIK Trosobo, Kepala UPT:  Sesuai dengan Perda

Karenanya, untuk mengejar target turun menjadi level 2, dengan capaian 50 persen vaksin dosis pertama sesuai Inmendagri. Forkopimda Sidoarjo melakukan percepatan vaksinasi. Bahkan jajaran Forkopimda Sidoarjo kompak turun langsung memantau, serta menghimbau masyarakat agar turut mensukseskan program vaksinasi.

Forkopimda Sidoarjo turun langsung mengendarai motor, memantau pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat dan pelajar yang letaknya jauh dari perkotaan. Tepatnya di wilayah Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Ada tiga titik vaksinasi yang diselenggarakan, Sabtu (18/9/2021), antara lain di Kantor Kecamatan Sedati, Balai Desa Kalanganyar dan Sekolah Nurul Huda, Kalanganyar, Sedati.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat memantau pelaksanaan vaksinasi tersebut, mengaku optimis dapat tercapainya target vaksinasi 50 persen. Agar PPKM Sidoarjo turun menjadi level 2, berdasarkan penilaian Inmendagri. 

Baca Juga: Jalan Suko-Masangan Wetan Dibeton, Warga Senang Keluhannya Direspon Bupati Sidoarjo

“Vaksinasi kita saat ini yang dosis pertama sudah mencapai 46,5 persen, jadi kurang 3,5 persen saja. Optimis dapat dikejar dalam dua atau tiga hari kedepan,” ujarnya.

Sementara untuk menjadi level 1 penilaiannya, vaksinasi harus mencapai 70 persen. Karenanya, vaksinasi Kabupaten Sidoarjo kini menyasar di wilayah desa-desa. Sehingga masyarakat yang kesulitan datang ke wilayah perkotaan untuk dapatkan vaksinasi, dapat terlayani di wilayah desa. “Semoga di September ini semua target vaksinasi dapat kita capai,” tambah Gus Muhdlor.

Baca Juga: Reog Ponorogo dan Wayang Kulit, Meriahkan Sedekah Bumi Desa Waruberon

Terkait upaya mencegah penyebaran Covid-19, masyarakat dihimbau supaya tidak lengah. Tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan sampai tidak divaksin. Seperti disampaikan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro. Ia meminta masyarakat untuk terus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan pemerintah, sebagai langkah memutus mata rantai Covid-19.

“Kita memang secara penilaian Kemenkes sudah level 1. Namun dari aspek penilaian Inmendagri masih level 3. Karenanya mari kita bersabar dulu jika masih banyak adanya pemberlakuan pembatasan masyarakat. Jangan lengah, tetap disiplin protokol kesehatan dan mari yang belum vaksin datangi gerai-gerai vaksin yang ada agar cepat tercapainya herd immunity,” pesan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro. sg

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU